rangka eSAF Honda

Share This Post

Rangka Motor eSAF yang digunakan pada banyak motor matic Honda, kian menjadi Sorotan. Pasalnya, banyak pengguna Motor yang menggunakan rangka eSAF honda mengeluhkan terjadinya karat dan keropos pada permukaan rangka. Hal tersebut mengakibatkan kasus rangka patah sering dialami para pengguna motor Matic honda. 

Rangka eSaf Honda memiliki kepanjangan Smart Architecture frame (eSAF). Di Indonesia, rangka ini pertama kali digunakan pada Motor Honda Genio pada tahun 2019, kemudian PT Astra Honda Motor mengadopsi rangka tersebut dan diterapkan pada banyak Motor Matic Honda keluaran 2020 hingga sekarang. Perlu kamu ketahui pada seri Motor Honda sebelum 2020 juga menggunakan Rangka eSAF, hanya saja perbedaanya terdapat pada materialnya.

Dari segi Konstruksi, kebanyakan motor skutik honda menggunakan konstruksi rangka yang sama, yaitu Underbone. motor Matic honda kebanyakan menggunakan frame eSAF dengan konstruksi rangka underbone. Hanya jenis Matic Sport Honda seperti PCX 160 dan ADV 160 saja yang menggunakan konstruksi double cradle.

Baca Juga: Waspada! Dampak Polusi Udara di Jakarta Untuk Kesehatan dan Lingkungan 

Perbedaan eSAF dan Rangka Matic Honda Lainnya 

Hal yang membedakan rangka eSAF dengan motor matic honda lainnya terletak pada materialnya. Rangka eSAF menerapkan plat baja yang di press dan welding/las dengan alat laser yang di klaim oleh honda mampu meminimalisir deformasi. Sedangkan, rangka Motor matic lainnya menggunakan bahan pipa yang dipotong.

Hingga saat ini, ada lima model Matic honda yang menggunakan rangka dengan jenis eSAF, mereka adalah Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy dan Vario 160. Nah, sisanya masih tetap menggunakan rangka pipa besi

Daftar Motor Matic Honda Yang Tidak Menggunakan Rangka Besi eSAF

Berikut adalah beberapa opsi motor matic Honda yang masih menggunakan rangka pipa besi alias bukan eSAF.

  • Honda PCX 160 (Double Cradle)
  • Honda ADV 160 (Double Cradle)
  • Honda Vario 125 (Underbone)
  • Honda Forza 250 (Underbone)

Cara Merawat Rangka Motor Honda 

Melihat betapa rapuhnya rangka eSAF yang Honda produksi, pengetahuan akan merawat rangka juga wajib banget kamu ketahui, terlebih pengguna Motor Honda. Berikut kami berikan beberapa tips merawat rangka motor honda.

1. Membersihkan Secara Berkala

Bersihkan rangka motor secara berkala dengan menggunakan air sabun lembut dan spons. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras, karena dapat merusak cat atau lapisan pelindung rangka.

2. Keringkan dengan Baik

Setelah membersihkan, pastikan rangka motor kering dengan sempurna untuk mencegah terbentuknya karat. Gunakan kain bersih dan kering atau kompresor udara untuk mengeringkannya.

3. Periksa Tanda-tanda Karat

Lakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi tanda-tanda awal karat pada rangka. Jika Anda menemukan area yang terlihat rusak atau berkarat, bersihkan dan tangani masalahnya sebelum merambat lebih jauh.

4. Gunakan Pelindung Rangka

Pertimbangkan untuk menggunakan pelindung rangka atau pelapis untuk melindungi rangka motor dari debu, kotoran, dan kerusakan yang mungkin disebabkan oleh puing-puing jalanan.

5. Hindari Kontak dengan Bahan Kimia

Jauhkan rangka motor dari bahan kimia seperti bensin, pelarut, atau deterjen yang dapat merusak cat dan permukaan rangka.

6.Periksa dan Kencangkan Baut

Secara berkala periksa baut dan mur pada rangka motor. Pastikan mereka terkencang dengan baik, karena baut yang kendur bisa mengganggu kestabilan motor.

7. Hindari Pajanan Suhu Ekstrem

Usahakan untuk menjauhkan motor dari paparan sinar matahari langsung yang berlebihan atau suhu ekstrem, karena hal ini dapat merusak cat dan material rangka.

8. Gunakan Produk Pelindung

Gunakan produk pelindung atau lilin khusus untuk rangka motor. Ini dapat membantu menjaga kilap dan melindungi permukaan dari kerusakan.

9. Periksa Karet Pelindung dan Pegas Penyerap

Pastikan karet pelindung dan pegas penyerap getaran pada rangka dalam kondisi baik. Ganti jika ditemukan ada yang rusak atau aus.

10. Simpan di Tempat yang Tepat

Simpan motor di tempat yang kering, bersih, dan terlindungi dari elemen cuaca yang ekstrem, seperti hujan dan panas berlebihan.

11. Perhatikan Benturan atau Tergelincir

Hindari benturan atau tergelincir yang bisa merusak rangka motor. Gunakan standar keselamatan saat memarkir motor.

Baca Juga: Wajib Beli! 10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Palembang

Meski kini rangka eSaf Honda seakan akan dijadikan lelucon “Motor lipat” oleh khalayak banyak. Namun, masih banyak jenis motor honda yang tidak menggunakan rangka eSAF yang mungkin bisa menjadi opsi sebelum memilih motor honda. 

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!