Pesatnya perkembangan teknologi membuat segala aktivitas kini dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka atau bisa via daring alias online. Salah satunya adalah berjualan, yang kini mulai banyak dilakukan secara online seiring dengan permintaan dari banyak orang yang menginginkan kemudahan dalam berbelanja.
Sebagai salah satu media sosial yang cukup pesat perkembangannya di era digital, Instagram mempunyai beragam fitur yang dapat dimanfaatkan untuk jualan. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu instrumen jualan yang patut kamu coba, khususnya bagi yang ingin memulai usaha jualan online.
Di Instagram, selain kita dapat menjajakan produk kepada para pelanggan melalui unggahan foto/video, kita juga dapat menganalisis seberapa banyak audiens yang melirik produk kita. Namun fitur ini hanya dapat digunakan oleh akun instagram yang sudah terverifikasi sebagai akun bisnis.
Nah, bagaimana cara membuat akun Instagram untuk jualan dengan akun bisnis? Berikut kami berikan penjelasannya.
Baca juga: 7 Cara Sukses Jualan Online untuk Para Pemula
Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan
Pada dasarnya cara membuat akun Instagram untuk jualan cukup mudah. Anda cukup membuat akun Instagram dengan langkah-langkah seperti biasa, seperti verifikasi data diri email, nomor telepon, dan lain-lain.
Setelah itu, kamu tinggal mengaktifkan akun Instagram tersebut menjadi akun Instagram bisnis. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Buka Halaman Pengaturan
Dalam membuat akun Instagram untuk jualan, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka halaman pengaturan. Halaman ini dapat kamu akses dengan mengklik tombol garis tiga horizontal yang terletak di pojok kanan halaman profil. Setelah halaman pengaturan terbuka, pilih “Akun/Account”, kemudian pilih “Ubah ke Akun Profesional/Switch to Professional Account” yang ada di bagian bawah.
2. Pilih Kategori Bisnis
Kamu lalu akan diminta untuk memilih jenis profil yang akan digunakan untuk akun Instagram bisnismu. Nantinya akan terdapat dua opsi, yaitu Creator dan Business.
Opsi creator diperuntukkan untuk pengguna yang gemar membuat konten di Instagram, seperti artis, influencer, dan content creator lainnya, Sementara opsi business diperuntukkan untuk pengguna yang memiliki kepentingan untuk berbisnis, seperti perusahaan, pemilik brand, ataupun UMKM yang sedang merintis usahanya.
Nah, karena kamu bertujuan membuat akun Instagram untuk jualan, maka silahkan pilih opsi business. Setelah itu, pilih kategori bisnis sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Nantinya juga akan ada banyak pilihan kategori, seperti Art, Local Business, Musician/Band, Personal Blog, Product/ Service, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memasukkan kata kunci di kolom pencarian jika kategori bisnis yang kamu jalankan tidak tersedia.
Setelah memilih kategori bisnis, klik “next” untuk melanjutkan.
3. Mengisi Kontak dan Lokasi Bisnis
Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data-data yang belum lengkap, seperti nomor telepon, alamat email, dan lokasi bisnis. Pastikan data-data tersebut merupakan instrumen khusus untuk jualan agar terpisah dengan urusan pribadi.
4. Lengkapi Seluruh Bagian Profil
Setelah semua cara membuat akun Instagram untuk jualan di atas selesai dilakukan, kamu perlu melengkapi seluruh bagian profil, seperti foto profil, bio, dan alamat website (jika ada) agar akun Instagram-mu terlihat profesional.
Cara Jualan di Instagram
Kamu sudah mengetahui cara membuat akun Instagram untuk jualan. Kini, saatnya kamu mengetahui cara jualan di Instagram.
Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memulai bisnis di Instagram. Berikut di antaranya.
Tentukan Target Audiens
Kamu perlu terlebih dahulu menentukan target audiens atau pasar. Hal ini berguna agar kamu mudah dalam mengonsep suatu konten sebelum masuk ke tahap pembuatan.
Misal target pasar kamu adalah kaum milenial. Maka kamu perlu membuat konten yang ramah terhadap mereka dan tidak terkesan kaku.
Optimalkan Profil Instagram Bisnis
Kamu juga perlu untuk mengoptimalkan profil Instagram bisnis, seperti membuat logo untuk dijadikan foto profil, mencantumkan alamat email khusus bisnis, hingga nomor telepon WhatsApp bisnis. Semua hal tersebut berguna agar akun kamu terlihat profesional.
Tentukan Jadwal Produksi dan Posting Konten
Cara ini berguna supaya kamu konsisten dalam memproduksi konten. Kebanyakan orang hanya bersemangat di hari-hari awal membuat konten. Selebihnya, mereka terkesan malas karena mendapat engagement sedikit.
Padahal jika dilakukan secara konsisten dan serius tanpa memikirkan jumlah engagement, bukan tidak mungkin profil Instagram bisnis kamu bisa diketahui banyak orang lho! Karena semakin jarang mengunggah konten, maka semakin kecil peluang produkmu diketahui banyak orang.
Buat Konten Menarik
Buatlah konten yang menarik, salah satunya dengan membuat konten yang berkaitan dengan sesuatu yang viral. Kebanyakan orang cenderung tertarik dengan konten-konten yang relate dengan kehidupannya. Sehingga cara ini dapat menjadi opsi untuk lebih mendekatkan diri dengan audiens.
Gunakan Hashtag atau Tagar yang Tepat
Penggunaan hashtag atau tagar sangat berpengaruh di Instagram karena dapat menarik audiens di luar followers kamu. Dengan menggunakan hashtag yang tepat, unggahan kamu dapat dengan mudah ditemui audiens di fitur explore Instagram.
Buat Konten Interaktif di Instagram Story
Selain feeds, kamu juga bisa memaksimalkan konten di Instagram Story, seperti membuat Q&A, This or That, ataupun konten-konten lainnya yang bertujuan untuk menarik audiens agar mau berinteraksi.
Semakin sering membuat konten-konten interaktif, tentunya akan membuat para audiens kamu merasa dekat dengan kamu.
Analisis Konten Secara Berkala
Salah satu keunggulan akun Instagram bisnis adalah kita dapat melihat jumlah engagement setiap hari hingga bulannya. Fitur ini dapat kamu akses dengan mengklik fitur Instagram Insight. Di situ, akan terlihat data lengkap tentang besaran engagement akun Instagram bisnis kamu.
Fitur ini tentunya berguna agar kamu dapat membuat sebuah analisis terhadap suatu konten. Sehingga, kamu dapat mengevaluasi konten seperti apa yang disukai para audiens-mu.
Fitur-Fitur Instagram Bisnis yang Bisa Dimaksimalkan untuk Jualan
Adapun fitur-fitur Instagram bisnis yang tentunya dapat kamu maksimalkan untuk jualan, diantaranya:
Informasi Detail tentang Kategori Bisnis
Informasi ini akan muncul di tampilan profil saat orang mengakses akun Instagram-mu, tepatnya di bagian bawah foto profil.
Tombol Kontak Narahubung (Telepon dan Email)
Fitur ini tidak tersedia di akun Instagram biasa. Dengan Instagram bisnis, seseorang yang mengakses akun Instagram kamu dapat menghubungi kamu melalui email/WhatsApp melalui tombol kontak narahubung yang ada di halaman profil.
Instagram Insight
Fitur satu ini telah banyak disebutkan di atas yang berguna untuk melihat data traffic pengguna Instagram yang mengakses halaman profil/konten kamu.
Instagram Ads
Kamu juga bisa berlangganan iklan dengan Instagram. Dengan begitu, produk-produk yang kamu tawarkan dapat sering muncul di linimasa para pengguna Instagram secara acak. Sehingga produk yang kamu jual akan lebih cepat diketahui banyak orang.
Baca juga: 5 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Yang Sering Bokek Di Akhir Bulan
Itu dia sedikit informasi tentang cara membuat akun Instagram untuk jualan, cara jualan di Instagram, dan beberapa fitur yang tersedia di akun Instagram bisnis. Pastikan kamu mempelajari semuanya dengan cermat agar maksimal dalam berjualan online. Semoga bermanfaat!