jenis jenis gudang

Share This Post

Gudang memiliki peran yang amat penting dalam kegiatan pengiriman barang, pasalnya seluruh barang yang akan dikirimkan pastinya harus memiliki tempat penyimpanan sementara, disitulah peran gudang sangat dibutuhkan. Di dalam dunia bisnis secara general, gudang digunakan untuk menyimpan stok produk dalam jangka yang pendek ataupun lama. Selain menjadi tempat penyimpanan barang sementara, buat jasa pengiriman gudang memiliki fungsi sebagai tempat melakukan drop baran, transit, hingga menjadi tempat melakukan packing barang.

Meski pada dasarnya gudang hanya untuk menyimpan barang sebelum dikirimkan ke penerima, akan tetapi banyak juga jenis jenis gudang lain yang memiliki fungsi yang berbeda pula. Berikut kami berikan daftar jenis jenis gudang pengiriman barang.

Baca Juga: Apa itu Bubble Wrap? Serta Jenis Jenisnya

Jenis Jenis Gudang Pengiriman Barang

Pada kegiatan pengiriman barang, gudang menjadi fasilitas yang harus dimiliki oleh banyak penyedia jasa ekspedisi. Membangun sebuah gudang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Penyewaan gudang menjadi opsi yang paling pantas untuk dipilih oleh Anda yang akan berkecimpung di dunia pengiriman barang. Berikut kami berikan jenis-jenis gudang pengiriman barang yang bisa Anda gunakan.

1. Gudang Sentral 

Ini adalah gudang besar yang berfungsi sebagai pusat distribusi. Barang-barang dari berbagai pemasok atau produsen dikumpulkan di gudang ini sebelum didistribusikan ke tujuan akhir.

2. Gudang Pergudangan

Gudang ini digunakan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu tertentu. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan untuk persediaan mereka sebelum dijual atau didistribusikan.

3. Gudang Sementara 

Gudang ini digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara untuk barang-barang yang sedang dalam perjalanan. Barang-barang ini mungkin menunggu proses pemeriksaan, pengepakan ulang, atau pengiriman ke tujuan akhir.

4. Gudang Dingin

 Jenis gudang ini didesain khusus untuk menyimpan barang-barang yang membutuhkan suhu terkontrol, seperti makanan beku atau produk farmasi yang memerlukan suhu rendah.

5. Gudang Logistik 

Gudang ini biasanya terletak di dekat pusat transportasi, seperti pelabuhan atau bandara. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan proses logistik dengan mengkonsolidasikan barang-barang dari berbagai pemasok sebelum dikirim ke tujuan akhir.

6. Gudang E-commerce

Gudang ini dirancang khusus untuk penyimpanan barang-barang yang dipesan secara online. Proses pengambilan, pengepakan, dan pengiriman dilakukan secara efisien untuk memenuhi permintaan pelanggan yang cepat.

7. Gudang Retail

Gudang ini biasanya terkait langsung dengan toko ritel. Barang-barang dikirim ke gudang ini sebelum didistribusikan ke toko-toko tersebut. Gudang ini berfungsi sebagai pusat distribusi untuk memastikan ketersediaan stok di toko-toko ritel.

8. Gudang Cross-Docking

Konsep gudang ini melibatkan penerimaan barang-barang dari pemasok dan pengiriman langsung ke pelanggan tanpa penyimpanan jangka panjang di gudang. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya penyimpanan dan meningkatkan efisiensi pengiriman. 

Baca Juga: Wajib Simak! Tips COD Aman Untuk Pembeli Online

Demikianlah artikel dari kami kali ini yang telah membahas mengenai jenis-jenis gudang yang dapat digunakan dalam pengiriman barang. Semoga artikel dari kami dapat menambah wawasan Anda mengenai jenis jenis gudang logistik. 

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!