jenis jenis olahraga atletik

Share This Post

Cabang olahraga atletik adalah salah satu cabang olahraga tertua yang tercatat dalam sejarah. Bahkan cikal bakal kejuaraan olimpiade sangat berkaitan erat dengan olahraga atletik. Karena pada masa kemunculannya, atletik adalah cabor utama kejuaraan tersebut. Maka tak heran, atletik menjadi olahraga yang paling umum dimainkan di seluruh penjuru dunia.

Istilah atletik berasal dari bahasa yunani yaitu atlon, yang memiliki arti sebagai pertandingan ataupun perjuangan. Namun, menurut KBBI, atletik adalah cabang olahraga (yang dilakukan diluar ruangan yang memerlukan kekuatan, Ketangkasan, dan kecepatan), terdiri dari nomor lari,jalan,lompat dan lempar.ada banyak jenis jenis olahraga atletik yang sering dipertandingkan dalam pentas kejuaraan multi event seperti Olimpiade, Asian Games dan SEA Games. Nah kali ini kami sudah menyusun jenis jenis olahraga atletik yang sering dipertandingkan. Jadi, simak terus hingga akhir ya!

Baca Juga: Jangan Tertukar! Inilah perbedaan Softball dan Baseball yang Jarang Diketahui

Jenis Jenis Olahraga Atletik

Olahraga Atletik selalu identik dengan eksploitasi kekuatan fisik yang luar biasa. Kecepatan, ketepatan dan ketangkasan yang tinggi adalah hal yang harus dimiliki oleh para atlet cabang atletik. Berikut kami berikan ragam jenis olahraga atletik yang sering dipertandingkan.

1. Lari

Lari adalah jenis olahraga atletik yang seperti menjadi ibu segala cabang olahraga, karena lari adalah nomor pertandingan pertama yang dimainkan saat awal kejuaraan Olimpiade. untuk melakukan Lari pastinya membutuhkan stamina fisik yang tinggi, kekuatan pijakan hingga langkah kaki yang panjang. Olahraga lari sendiri dibagi oleh empat nomor pertandingan yaitu:

Jarak Pendek 

nomor Lari jarak pendek merupakan perlombaan lari dengan jarak tempuh yang singkat ataupun pendek, dengan jarak 100m, 200m, dan 400m.

Jarak jauh

nomor Lari jarak jauh merupakan perlombaan lari dengan rentang jarak yang jauh. Jarak yang harus pelari tempuh dalam suatu perlombaan lari jarak jauh adalah 3 Km, 5KM, 10 Km dan lebih.

Estafet 

Nomor lari estafet akan dilakukan secara beregu, yang diisi oleh 4 pelari. Dimana mereka harus berlari membawa tongkat menuju pelari lain dan menyerahkan tongkat tersebut secara bergantian. Nomor lari estafet memiliki 2 jarak yang dipertandingkan yaitu 4×100 m dan 4×400 m.

Maraton

Marathon adalah perlombaan lari yang menempuh jarak yang paling jauh dibandingkan nomor lari lainnya. Maka tak heran, faktor stamina tubuh yang prima menjadi kunci kesuksesan pelari untuk memenangkan nomor lari yang satu ini. Meski lari maraton harus menempuh jarak 21km hingga 42 km. biasanya pelari akan dimanjakan dengan pemandangan kota yang eksotis.

Gawang

olaharaga Lari gawang adalah nomor lari yang berbeda dengan jenis lari lainnya, pasalnya pelari harus berlari sambil melewati rintangan yang berupa palang dengan tinggi yang cukup rendah. Untuk sukses dalam nomor yang satu ini, pelari diharuskan memiliki kekuatan yang seimbang antara kecepatan lari dan meloncat.

2. Lompat

Lompat merupakan cabang atletik yang cukup populer untuk disaksikan. Aksi atlet dalam melompat hingga jarak yang sangat jauh, selalu ditunggu oleh penonton yang menyaksikan. Lompat juga memiliki beberapa nomor pertandingan yaitu:

Lompat Jauh

Nomor lompat jauh adalah jenis olahraga cabang atletik yang dimana seorang atlet lompat akan melakukan lari secepat mungkin untuk dijadikan ancang-ancang melompat secara horizontal sejauh mungkin. Semakin jauh lompatan si atlet, maka semakin besar pula poin yang akan ia dapatkan.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah olahraga atletik dimana atlet harus melompat secara vertikal dan setinggi mungkin untuk melewati batas mistar yang sudah diterapkan tingginya. Nantinya, jika atlet berhasil melewati ketinggian mistar, maka pada percobaan berikutnya tinggi dari mistar akan dinaikkan hingga ke titik tertinggi. Tinggi mistar yang dicapai adalah poin akhir si atlet 

Lompat Galah

Pada dasarnya lompat galah ini mirip dengan lompat tinggi, akan tetapi, pada nomor ini atlet akan dibantu oleh sebuah galah ataupun tongkat panjang yang memiliki kelenturan yang dapat dijadikan titik ungkit atlet dalam melewati mistar.

Lompat Jangkit

Lompat jangkit adalah jenis lompatan yang identik dengan teknik lompat jauh, bedanya hanya jumlah tolakan yang harus dilakukan sebelum melompat haruslah  2 kali.

3. Lempar

Olahraga lempar ini dilakukan oleh atlet yang memiliki kekuatan tangan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan tuntutan seorang atlet Lempar yang melempar sesuatu sejauh mungkin. Lempar juga terbagi ke beberapa nomor yaitu:

Tolak Peluru

Tolak Peluru adalah nomor olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melempar sebuah peluru sejauh mungkin. Namun, peluru yang kita bicarakan disini berbentuk bola besi bulat yang memiliki berat mulai dari 2,76kg hingga 7,26 kg.

Lempar Lembing

pertandingan Lempar lembing adalah jenis olahraga dimana atlet harus melempar lembing yang berbentuk mirip tombak yang memiliki panjang  2,6-2,7m dengan berat minimum 800 gram untuk pria. sedangkan untuk putri panjang dari tombak adalah 2,2m – 2,3m dengan berat 600 gram.

Lempar Cakram 

Olahraga lempar cakram menurut atlet untuk melempar sebuah cakram ke arah area poin yang sudah ditandai sebelumnya, berat cakram untuk pria berkisar 2 kg dengan diameter 22 cm, sedangkan untuk wanita hanya 1 kg dengan diameter 18 cm.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Teknik-Teknik Bulu Tangkis supaya Makin Pro Mainnya!

Demikianlah artikel dari kami mengenai jenis jenis olahraga atletik yang sering dipertandingkan. Semoga informasi dari kami kali ini, menambah pengetahuan kamu akan cabang olahraga atletik. 

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!