keutamaan silaturahmi

Share This Post

Momen Lebaran menjadi saat yang tepat untuk melakukan silaturahmi dengan sanak saudara ataupun orang tercinta lainnya. Silaturahmi selama lebaran juga dianjurkan pemuka agama karena memberikan manfaat dan hikmah yang luar biasa besar.

Silaturahmi telah menjadi bagian kebutuhan manusia dalam aktivitas sosial, karena menjaga  hubungan baik dengan sesama memiliki banyak keutamaan dalam mempererat tali persaudaraan yang mungkin renggang karena kesibukan yang kita miliki. Keutamaan silaturahmi dalam islam adalah menjalin hubungan yang baik antar manusia dan memperkuat keimanan terhadap allah SWT. karena bagi islam, silaturahmi adalah amalan yang diberkahi oleh allah SWT.

Nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai keutamaan silaturahmi di saat momen lebaran yang telah kami susun dibawah ini.

Baca juga: 7 Kue Khas Lebaran Terpopuler Pada Saat Hari Raya

Apa Itu Silaturahmi?

Silaturahmi menurut istilah dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada tradisi atau kebiasaan untuk menjalin hubungan atau mempererat tali persahabatan dengan keluarga, sahabat, tetangga, atau orang-orang terdekat lainnya. Silaturahmi biasanya dilakukan dengan cara mengunjungi, menelepon, atau mengirim pesan kepada orang yang ingin menjalin hubungan yang lebih baik. Momen lebaran menjadi waktu yang biasa dijadikan waktu yang tepat untuk melakukan silaturahmi.

Menurut buku yang berjudul “Membumikan Al-Qur’an: Peran dan Fungsi Wahyu” karya Muhammad Quraish Shihab, menjelaskan bahwa silaturahmi diambil dari 2 kata bahasa arab yaitu Shilat dan rahim. Kata Shilat berasal dari kata Washl yang memiliki arti menyambung ataupun menghimpun sedangkan kata rahim berarti kasih sayang. Sehingga Silaturahmi juga dapat diartikan sebagai menyambung kasih sayang.

Tujuan dari silaturahmi adalah untuk menjaga hubungan baik, mempererat ikatan sosial, dan membangun kepercayaan di antara para pihak yang terlibat. Silaturahmi sangat penting dalam budaya Indonesia dan seringkali dianggap sebagai bagian penting dari nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia.

Keutamaan Silaturahmi saat Lebaran

Bersilaturahmi saat lebaran sangat dianjurkan dalam islam, hal ini berdasarkan perintah Rasulullah SAW yang memerintahkan segenap umatnya untuk menjaga dan menyambung persaudaraan antara umat muslim. Selain itu banyak sekali keutamaan silaturahmi yang akan kita rasakan jika kita melakukannya. Berikut adalah keutamaan Silaturahmi saat lebaran.

1. Mendapatkan Pahala

Menjalin silaturahmi juga merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam menjalankan ibadah ini, kita dapat mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT. menjaga silaturahmi antar sesama muslim akan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

2. Memberikan kebahagiaan

Silaturahmi juga dapat memberikan kebahagiaan bagi keluarga, teman, dan tetangga yang dikunjungi. Kita bisa mengucapkan selamat Idul Fitri dan memberikan hadiah kecil sebagai tanda perhatian. Terlebih membagikan “THR” buat sanak saudara pastinya semakin membuat suasana silaturahmi semakin penuh kebahagiaan. Acara seperti halal bihalal pun bisa menjadi acara pancingan untuk membuat berkumpulnya sanak saudara yang mungkin berjauhan.

3. Menjaga tradisi

Silaturahmi juga merupakan bagian dari tradisi Lebaran yang harus dijaga dan dilestarikan. Dengan menjalankan tradisi ini, kita dapat memperkuat nilai-nilai kebersamaan, toleransi, dan saling menghormati. Bagi orang indonesia berkumpul dengan sanak saudara adalah bagian dari budaya yang akan selalu melekat hingga ke generasi berikutnya. Maka dari itu kaum muda harus tetap aktif menjaga tali silaturahmi.

4. Menjaga hubungan sosial

Silaturahmi dapat memperkuat hubungan sosial dengan keluarga, teman, dan tetangga. Ini membantu membangun kepercayaan, memperkuat jaringan sosial. Momen silaturahmi saat lebaran dapat menciptakan relasi yang pastinya akan berguna di masa depan jika kita memerlukan kebutuhan yang mendesak. Bagi kamu yang memiliki permasalahan dengan seseorang maka silaturahmi pada saat lebaran dapat memperbaiki hubungan tersebut.

5. Umur Panjang dan Rezeki yang Berlimpah

Seorang yang senang untuk mengunjungi sanak saudaranya demi menjalin  tali silaturahmi di dalamnya maka kelak akan dipanjangkan umur dan diberi rezeki yang berlimpah. Hal ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah yang menyatakan:

Barangsiapa yang senang diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”.

6. Penyebab Masuk Surga dan Dijauhkan Siksa Neraka

Keutamaan silaturahmi selanjutnya adalah dengan melakukan silaturahmi ke sesama umat maka akan didekatkan dengan surga dan dijauhkan akan siksaan neraka, hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi:

“Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hal ini semakin dipertegas oleh  satu riwayat lain Rasulullah SAW juga bersabda: “Jika dia berpegang dengan apa yang Kuperintahkan kepadanya niscaya ia masuk surga.”

7. Menambah Kekuatan dan Kesatuan Umat Muslim

Pada masanya, rasulullah selalu berpesan kepada umat muslim yang ada di seluruh dunia untuk selalu bersatu dan tidak tercerai berai untuk menciptakan mislimin yang maju. Kita umat muslim tidak diperbolehkan untuk hidup secara individualis dan tidak saling membantu, jika hal tersebut dibiarkan terjadi maka kesatuan muslim akan tercerai berai.

Baca juga: 7 Contoh Ide Hampers Lebaran Unik untuk Diberikan kepada Orang Terkasih

Demikianlah artikel kami kali ini yang membahas keutamaan silaturahmi saat momen lebaran. Lebaran semakin dekat, tentunya kita harus mempertahankan budaya silaturahmi yang telah menjadi budaya kita. Banyak sekali lho manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mengamalkan silaturahmi pada hari raya lebaran.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!