strategi marketing logistik

Share This Post

Masyarakat umum tentunya sudah familiar dengan adanya kurir paket pada sejumlah layanan kegiatan belanja di e-commerce. Bisnis logistik adalah sebuah bisnis pengelolaan perpindahan barang dari tempat asal ke lokasi tujuan, untuk memenuhi kebutuhan dari pebisnis dan konsumen. Hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan pada saat ingin mengembangkan suatu bisnis strategi pemasaran logistik.

Bisnis logistik memiliki peluang besar yang cukup menguntungkan dan dapat dimanfaatkan sehingga tidak bisa dilewatkan oleh pebisnis begitu saja. Meskipun, pastinya tidak dapat disangkal jika layanan logistik memiliki persaingan yang cukup ketat dan pastinya akan membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang akurat. Namun untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bisnis logistik, mari simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Sangat Menjanjikan! Ini Cara Memulai Bisnis Logistik

Strategi Pemasaran Logistik

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada tahun 2021, hingga mencapai sekitar 40 persen. Dari statistik tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis logistik. Lebih jelasnya, simak 5 strategi pemasaran berikut.

1. Direct Shipping

Direct shipping adalah barang yang akan dikirim oleh pelanggan langsung diantarkan tanpa harus ada perantara atau orang ketiga. Umumnya, strategi ini dilakukan oleh bisnis logistik yang menjual produk makanan dan barang pecah belah.

Anda yang menggunakan strategi satu ini, maka Anda harus mengetahui beberapa cara untuk melancarkan bisnis Anda. Salah satunya yaitu kejituan pada dokumen atau invoice lainnya hingga sampai ke tangan pelanggan.

Strategi direct shipping lebih mudah dan tidak kompleks, ditambah barang dapat cepat bisa langsung sampai ke lokasi pelanggan. Strategi ini dapat direalisasikan dengan budget awal sebesar Rp 250 juta. Budget tersebut dapat digunakan untuk operasional, gaji karyawan, dan membeli armada untuk antar barang.

2. Warehousing Distribution

Pada strategi warehousing distribution, selain budget tentunya Anda juga harus mempersiapkan gudang tempat penyimpanan barang. Strategi ini banyak digunakan dalam bisnis logistik, apalagi jika telah bekerjasama dengan e-commerce dan dapat menyimpan barang kiriman yang bisa disimpan lama. Untuk menggunakan strategi ini, Anda harus mempersiapkan budget sebesar Rp 300 juta. Budget tersebut digunakan untuk menyewa gedung dan operasional lainnya.

3. Cross Docking

Cross docking memiliki teknis yang hampir sama dengan warehousing distribution. Kedua strategi tersebut memiliki perbedaan, yang mana barang pelanggan disortir dengan barang pelanggan lain yang mempunyai alamat kirim serupa.

Strategi ini dapat menekan biaya pengiriman. Namun, Anda harus menyiapkan budget untuk pengembangan bisnis sekitar Rp 300 juta. Tujuannya adalah untuk memperlancar strategi pemasaran agar berkembang pesat.

4. Upgrade Website dengan CTA Canggih

Upgrade website juga menjadi strategi pemasaran, karena pelanggan menyukai layanan cepat dan real-time. Jika menambah CTA atau call to action, maka ada kesempatan pelanggan akan lebih memilih jasa logistik Anda.

Contohnya, tambahan CTA seperti nomor telepon, newsletter, hingga live chatting di website. Semakin Anda menjalankan strategi ini, maka bisnis Anda juga semakin dekat ke pelanggan. Anda perlu mempersiapkan budget hingga Rp 230 juta untuk dapat menerapkan strategi ini.

5. Pertahankan Pelanggan Lama

Strategi mempertahankan pelanggan lama berkesempatan agar mereka bisa menggunakan kembali layanan bisnis logistik Anda.

Pelanggan lama wajib dipertahankan untuk memberikan kepercayaan pada pelanggan baru agar dapat lebih mempercayai layanan logistik Anda. Beberapa faktor penting yang wajib dijalankan pada strategi ini, diantaranya:

1. Memberikan layanan yang tidak mengecewakan

2. Memantapkan komitmen dengan pelanggan

3. Mendorong pelanggan lama agar repurchase dan mau merekomendasikan logistik Anda ke orang lain

Fungsi Pemasaran Logistik

Strategi pemasaran sangat penting sebagai tata cara pengelolaan bisnis Anda. Maka dari itu, berikut fungsi dari strategi pemasaran logistik untuk Anda ketahui.

1. Menentukan Harga Jasa

Tentukan harga jasa saat ingin mengembangkan bisnis logistik dengan harga terbaik ke pelanggan. Anda harus mempertimbangkan faktor internal dan eksternal pada saat akan menentukan harga. Faktor internal harus mempertimbangkan faktor operasional kantor dan permintaan pelanggan. Sementara, faktor eksternal berkaitan dengan jenis barang, armada dan lainnya.

2. Menyediakan Product Delivery

Penyediaan produk delivery sangat penting untuk mengembangkan bisnis agar pengiriman aman dan bisa sampai ke pelanggan secara cepat. Fungsi strategi ini meliputi proses pesanan mudah, pengiriman produk tepat, invoice benar, hingga tidak adanya kerusakan. 

3. Mempersiapkan Promosi Terbaik

Pastinya Anda harus memikirkan cara promosi terbaik. Promosi dapat dilakukan secara offline atau online di media sosial. Contohnya, memberi potongan harga pada pelanggan yang mengirim lebih dari 100 barang atau menjadi business partner bagi yang merekomendasikan.

4. Menentukan Lokasi Layanan

Lokasi logistik yang dekat dengan jalan utama, maka akan memperlancar proses kirim hingga ke tangan penerima. Lokasi yang terpusat dan aman tentunya dapat memudahkan kurir untuk mengambil hingga mengatur barang kiriman.

5. Menjadi Bisnis Logistik Terbaik

Cara agar bisnis bisa berkembang dan bertahan lama tentunya harus diperhatikan. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menguntungkan kedua belah pihak. Pastinya masyarakat tidak akan memilih jasa logistik yang lambat bahkan tidak bertanggung jawab.

Mulai Kembangkan Bisnis Logistik Bersama Klik Logistics

Jika Anda ingin membuka franchise bisnis ekspedisi atau memulai bisnis dengan Klik Logistics sebagai spesialis kirim barang besar dan banyak termurah, maka Anda berpeluang untuk mendapat keuntungan sebagai berikut.

  • Diberi desain interior dan eksterior.
  • Menerima Hak Lisensi Logo & neon box Klik Logistics.
  • Mendapat meja resepsionis
  • Mendapat fasilitas alat gudang (timbangan dan hand stacker) 
  • Mendapat Pelatihan dari Klik Logistics
  • Perkiraan net profit franchise: 100-200 jt/bln (BEP -+ 2 thn)

Syarat Administrasi (Khusus)

  • Franchise Fee Sebesar Rp 2,5 Miliar.
  • Lampirkan copy Akta Pendirian Perusahaan yang telah disahkan oleh Kementrian Kehakiman berikut perubahan terakhir (jika ada) satu rangkap.
  • Lampirkan copy KTP Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (tertera pada akta pendirian perusahaan).
  • Lampirkan copy Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus yang masih berlaku. 
  • Lampirkan copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan / Surat Pengukuhan Kena Pajak (PKP)/ Surat Keterangan Terdaftar Dirjen Pajak.
  • Melampirkan Copy Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang masih berlaku.
  • Menunjukan Rekening Koran 3 Bulan terakhir.

Syarat Lokasi

  • Lokasi kantor harus berada di ibukota Provinsi.
  • Luas bangunan minimal 600-800 m2.
  • Lahan parkir yang luas dan dapat diakses oleh mobil yang lebar.

Syarat Lainnya

  • SOP (Standar Operasional Prosedur) harus mengikuti aturan PT Klik Logistics.
  • Kunjungi website resmi Klik Logistics untuk melakukan pendaftaran franchise atau langsung mengunjungi Kantor Pusat Klik Logistics yang berlokasi di Jl. Raya Kp. Setu No.52, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat (300 Meter dari Pintu Tol Kalimalang).

Baca Juga: Apa Itu Business to Business? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Untuk info lebih lanjut dan melakukan pendaftaran franchise, silahkan Kunjungi laman Franchise Klik Logistics ini.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!