whatsapp bisnis

Share This Post

WhatsApp (WA) menjadi aplikasi pengirim pesan yang paling populer sekarang ini. Fiturnya yang simple dan mudah digunakan membuat aplikasi ini banyak dipakai orang untuk berbagai keperluan, seperti mengirim pesan singkat, menyampaikan informasi, dan keperluan interaksi sosial lainnya.

Pada tahun 2018 lalu, WhatsApp meluncurkan WhatsApps Business sebagai aplikasi alternatif untuk kebutuhan industri perdagangan. Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang memiliki keperluan bisnis agar memudahkan mereka dalam menyampaikan pesan pribadi kepada pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Email Marketing? Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Strateginya

Dengan demikian, WhatsApp kini memiliki dua aplikasi dengan fungsi berbeda-beda, yakni WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Messenger biasa.

Lantas, apa saja perbedaan WA bisnis dan WA biasa? Simak ulasannya berikut ini!

8 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Meski sama-sama berfungsi sebagai aplikasi pengirim pesan, WA bisnis dan WA biasa memiliki sejumlah perbedaan, terutama dalam hal kemampuan operasional keduanya.

Secara umum, perbedaan WA bisnis dan WA biasa terletak pada tujuan penggunaannya. WA bisnis memiliki tujuan penggunaan untuk komunikasi antara pelaku usaha dengan pelanggan. Sementara WA biasa memiliki tujuan penggunaan untuk berkomunikasi secara pribadi, baik antar individu maupun kelompok.

Namun jika dilihat berdasarkan fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasinya, terdapat 8 (delapan) perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang cukup mencolok, berikut diantaranya.  

1. Logo Aplikasi

Perbedaan WA bisnis dan WA biasa paling kentara adalah terletak pada logo aplikasinya.

WA bisnis memiliki tampilan logo dengan menggunakan huruf kapital “B” dan latar belakang berwarna hijau. Sementara WA biasa memiliki tampilan logo menggunakan gambar telepon berwarna hijau.

2. Profil Akun

Kemudian dari fitur yang ada di profil akun, perbedaan WA bisnis dan WA biasa terlihat pada isi informasi yang ingin dicantumkan penggunanya.

Pada profil akun WA bisnis, pengguna dapat menampilan informasi seputar bisnisnya, seperti kategori bisnis, katalog produk, dan lain-lain. Sedangkan WA biasa, informasi yang bisa dicantumkan hanyalah informasi pribadi, seperti nama, foto profil, dan nomor telepon.

Berikut beberapa informasi yang bisa dicantumkan di profil WhatsApp Business.

  • Nama bisnis,
  • Logo,
  • Kategori bisnis,
  • Alamat web,
  • Foto katalog produk,
  • Deskripsi perusahaan, serta
  • Mencantumkan lokasi dan ketentuan jam kerja.

3. Statistik Pesan

Perbedaan WA bisnis dan WA biasa berikutnya adalah pada WhatsApp Business, fitur laporan statistik pesan dapat dibuat secara lebih rinci dibanding menggunakan WhatsApp Messenger biasa.

Fitur ini cukup berguna bagi pemilik bisnis untuk menganalisis kinerja akunnya, karena statistik pesan pada WhatsApp Business dapat menampilkan informasi berupa jumlah pesan yang dikirim, dibaca, dan yang diterima.

4. Pesan Otomatis

Fitur pesan otomatis hanya dapat digunakan pada aplikasi WhatsApp Business. Inilah yang membuat perbedaan antara WA bisnis dan WA biasa, di mana WhatsApp Messenger biasa tidak bisa melakukan otomatisasi pesan.

Fitur pesan otomatis ini berguna untuk membalas pesan tanpa harus membuka perangkat terlebih dahulu. Sehingga pengguna tetap dapat merespon pesan meski di tengah-tengah kesibukan.

Terdapat 3 (tiga) fungsi otomatisasi pesan di WhatsApp Business, diantaranya:

  • Quick replies (Pesan balasan cepat),
  • Away messages (Membalas pesan di luar jam kerja), dan
  • Greeting messages (Pesan salam).

5. Fitur Broadcast (Pesan Siaran)

Selain pesan otomatis, hal lain yang membedakan WA bisnis dengan WA biasa adalah pada fitur broadcast message atau pesan siaran. 

Pada WhatsApp Business, pengguna dapat mengirim pesan ke lebih dari satu orang dengan isi yang sama dalam satu waktu. Sedangkan WhatsApp Messenger biasa hanya dapat mengirim pesan kepada satu orang saja alias tidak memiliki fitur broadcast. 

Fitur broadcast pada WhatsApp Business ini memudahkan pelaku usaha untuk memberikan informasi seputar bisnisnya kepada pelanggan, seperti informasi diskon, produk terbaru, dan lain-lain.

6. Melabeli Pesan

Kemudian perbedaan WA bisnis dan WA biasa lainnya adalah fitur label pada kontak. WhatsApp Business mendukung pelabelan pada kontak agar memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan pelanggan bisnisnya.

Pelabelan ini berupa pemberian warna secara kategoris pada daftar chat. Sehingga fitur label ini berfungsi untuk menandai masing-masing kontak dan grup. 

Dengan fitur label, pengguna WA bisnis dapat dengan mudah mengurutkan kontak sesuai nama dan label khusus. Pengguna pun dapat menggunakan fitur ini untuk membuat hingga 20 label khusus pada kontak.

7. Keamanan

Dalam hal keamanan, baik WA bisnis dan WA biasa sebenarnya tidak terlalu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Keduanya sama-sama diamankan oleh suatu protokol yang tidak dapat diakses oleh pihak manapun selain pengguna.

Hanya saja pada WA bisnis, pengguna bisa mengumpulkan informasi terkait pelanggan bisnisnya untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka melalui layanan WA bisnis.

8. Fitur “Tambah ke Keranjang”

Fitur terakhir yang menunjukkan perbedaan WA bisnis dan WA biasa adalah tombol “Tambah ke Keranjang” pada WhatsApp Business. 

Tombol atau fitur ini berfungsi untuk memudahkan pelanggan dari pengguna WhatsApp Business untuk melakukan pemesanan terhadap suatu produk. 

Selain itu, fitur ini juga dapat memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan item lainnya yang akan dimasukkan ke dalam keranjang, serta menambah dan mengirim seluruh item yang diinginkan kepada pengguna WhatsApp Business, atau dalam hal ini adalah si pemilik bisnis.

Baca Juga: Cara Daftar Google Bisnisku agar Bisnismu Makin Dikenal Orang

Itu dia beberapa hal terkait fitur yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger biasa. Semoga penjelasan di atas dapat membuat kamu memahami mengenai perbedaan WA bisnis dan WA biasa.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!