jenis olahraga di dalam rumah

Share This Post

Olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Dengan teratur berolahraga, kesehatan dan kebugaran tubuh akan lebih terjaga yang tentunya dapat menghindarkan diri dari segala macam penyakit.

Namun banyak orang mengaku tidak dapat  berolahraga dengan alasan banyaknya rutinitas yang tidak bisa ditinggal, seperti bekerja, sekolah, dan lain-lain. Padahal, olahraga ga melulu harus dilakukan di luar rumah, tetapi juga bisa di dalam rumah lho!

Teruntuk kamu yang kerap disibukkan dengan rutinitas sehari-hari sehingga membuat kamu tidak sempat berolahraga, kami punya tips nih agar kamu tetap dapat berolahraga meski digempur kesibukan yang tiada henti.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Dalam Rumah

Terdapat berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di dalam rumah, yang tentunya dapat dilakukan di tengah-tengah kesibukan. Hal ini karena jenis-jenis olahraga tersebut dapat kamu lakukan tanpa harus meluangkan waktu yang banyak ataupun menggunakan bantuan alat.

Berikut 8 jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah dikutip dari web resmi Kementerian Kesehatan.

Push Up

Push Up merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah yang berguna untuk melatih daya tahan tubuh bagian atas dan kekuatan otot lengan. Gerakannya yang simple membuat push up menjadi olahraga yang cukup mudah dilakukan di dalam rumah karena tanpa memerlukan bantuan alat apapun.

Gerakan push up dimulai dari posisi tengkurap dengan kedua tangan berada di samping kiri dan kanan badan. Lalu dorong badan ke atas menggunakan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap tegap lurus.

Setelah itu turunkan badan hingga menyentuh lantai dengan menjaga badan dan kaki tetap dalam posisi lurus. Lakukan gerakkan tersebut secara berulang-ulang.

Sit Up

Selain push up, jenis olahraga lain yang juga bisa dilakukan di dalam rumah adalah sit up. Gerakannya juga tidak kalah simple dengan push up, yakni cukup menaik-turunkan badan dari posisi tiduran terlentang ke posisi duduk.

Untuk mempraktekan posisi ini, ambil posisi duduk dengan lutut menekuk namun betis tetap lurus, dan telapak kaki menyentuh lantai. Naikkan pinggul kamu hingga lurus dengan bahu lalu tahan selama tiga detik. Turunkan pinggul secara perlahan dan lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali. Gerakan berguna untuk melatih otot bagian paha dan otot sekitar pinggul.

Naik Turun Tangga

Jika kamu memiliki rumah dengan bangunan berlantai dua, kamu dapat menggunakan tangga yang ada untuk melakukan olahraga di dalam rumah. Sensasi olahraga seperti ini sama dengan ketika kita berolahraga jogging.

Kamu cukup berjalan naik-turun tangga seperti biasa dan melakukannya secara berulang-ulang. Gerakkan ini dapat melatih kekuatan otot-otot kaki.

Angkat Beban

Olahraga angkat beban tidak selalu harus dilakukan menggunakan alat-alat olahraga seperti barbel atau dumbell. Kamu juga bisa melakukan olahraga angkat beban di dalam rumah hanya menggunakan peralatan seadanya, seperti mengangkat timba berisi air ataupun botol-botol tak terpakai yang diisi pasir.

Squat

Jenis olahraga di dalam rumah yang satu ini berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mempraktekan posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Lalu turunkan pinggul ke bawah secara perlahan lalu tahan saat mencapai sudut 90 derajat. Naikkan pinggul kembali dan lakukan hal tersebut secara berulang.

Selain untuk memperkuat kaki dan punggung, gerakan squat juga dapat melatih pernapasan.

Leg Lift

Kamu juga dapat melakukan olahraga di dalam rumah dengan mempraktekan posisi leg lift. Caranya, posisikan tubuh berbaring telentang di lantai dengan kedua tangan berada di bagian sisi tubuh. Setelah itu, tekuk kedua lutut dan angkat kaki secara perlahan mengarah ke langit-langit.

Kemudian turunkan kaki secara perlahan pula sampai tumit berada menggantung di atas lantai. Pada posisi ini, pastikan punggung bawah tetap menyentuh lantai agar kamu bisa mengaktifkan otot perut dan melindungi tulang belakang.

Jumping Jack

Jumping jack merupakan jenis olahraga yang cara melakukannya adalah dengan cara melompat ke atas sambil merentangkan kaki selebar pinggul. Pertama-tama, posisikan badan berdiri dengan kaki lurus dan tangan terbuka di samping. Selanjutnya lompat dan lebarkan kaki selebar pinggul sembari posisi tangan diangkat ke atas kepala.

Olahraga ini cukup mudah dilakukan di dalam rumah karena simple dan tidak membutuhkan alat. Selain mudah, gerakan jumping jack juga dikategorikan sebagai jenis olahraga cardio yang bagus untuk pemanasan.

Jalan-Jalan di Koridor atau Halaman

Berjalan-jalan di koridor atau halaman rumah ternyata juga dapat membuat badan jadi sehat lho! Jadi, kamu tetap bisa berkeringat tanpa harus melakukannya di luar rumah.

Kamu juga bisa mengkombinasikan gerakan berjalan dengan lari-lari kecil jika merasa bosan dan agar terasa lebih bervariasi.

Nah, itu dia 8 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Jadi, ga ada alasan lagi deh buat ga berolahraga. Semuanya bisa asal ada kemauan dari dalam diri kamu untuk merubah pola hidup menjadi sehat. Pastikan kamu melakukan olahraga secara rutin ya supaya kesehatan tetap terjaga, dan jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!