cara meningkatkan seo website

Share This Post

Salah satu cara untuk meningkatkan Brand Awareness dan penjualan bisnis adalah menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Dengan menerapkan teknik SEO pada website, peluang Blog ataupun website untuk bercokol pada peringkat teratas hasil pencarian Google akan semakin tinggi yang hasilnya akan meningkatkan jumlah pengunjung website kamu.

Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus mempelajari cara meningkatkan SEO website yang bisa kamu dapatkan jika menyimak artikel kami kali ini. Cara yang kami berikan telah mengikuti Update Algoritma Google terbaru. Hal ini dikarenakan teknik SEO selalu berubah mengikuti Update Algoritma dari Google. Apa saja tekniknya? Yuk simak terus artikel ini!

Baca juga: Jangan Salah Paham! Inilah Perbedaan SEO dan SEM

Cara Meningkatkan SEO Website Bisnis

Ada begitu banyak teknik SEO yang bisa Anda terapkan. Namun, hanya beberapa saja yang terbukti efektif. maka dari itu kami telah menyortir 10 teknik SEO terbaik yang bisa kamu terapkan.

1. Install Plugin Yoast SEO

Jika Website kamu menggunakan WordPress, maka plugin Yoast SEO adalah hal pertama yang kamu install di WordPress kamu. Karena Plugin menyediakan banyak sekali fitur yang dapat meningkatkan kualitas SEO website kamu lho. Kamu dapat dengan mudah mengubah title tag dan meta description, XML Sitemap, mengubah permalink, verifikasi Google Webmaster Tools dan analisis konten kamu.

Bagi kami fitur yang paling menarik dari Yoast SEO adalah Analisis Konten. dengan fitur ini Anda dapat custom konten kamu hingga sesuai dengan kaidah SEO yang benar. Yoast SEO akan memberikan analisa terhadap Jumlah Keyword, Panjang Kalimat, hingga Panjang artikel yang ingin di Publish. Dengan adanya fitur analisa konten ini, Penerapan teknik SEO di Konten dapat lebih cepat diselesaikan.

2. Tambahkan Website di Google Search

Google Search Console adalah platform buat para pemilik Website agar dapat memonitor bagaimana Kinerja Website di dalam cakupan organik Google. Dengan Alat ini kamu dapat mengetahui website yang memberikan link ke website Anda (Referring Domain), optimasi website di perangkat mobile, hingga menganalisa trafik klik,jumlah penayangan,CTR, Rata-Rata Posisi website. Kamu juga dapat melakukan crawl ataupun indexing untuk mempercepat konten artikel untuk mendapatkan ranking.

3. Membuat Sitemap

Cara Meningkatkan SEO Website selanjutnya ialah membuat Sitemap. Sitemap adalah daftar seluruh halaman website yang bisa diakses oleh pengunjung maupun mesin pencari. Adanya sitemap, akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan website kamu dan juga indexing. Sitemap juga akan berperan sebagai remainder buat mesin pencari jika terjadi perubahan struktur pada website.

Sitemap dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sitemap XML dan Sitemap HTML. XML adalah jenis sitemap yang diakses oleh mesin pencari, Sitemap HTML ialah yang diakses oleh pengunjung.

4. Pasang Google Analytics

Selain Google search Console, kamu juga harus memasang Google Analytics. Meskipun tools sama-sama dikembangkan oleh Google. Keduanya memiliki  fungsi yang berbeda. Google Analytics memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung website. Kamu bisa mengetahui pergerakan pengunjung dalam mengunjungi halaman website.

Google Analytics juga dapat memberikan informasi halaman mana dari website kamu yang paling banyak berhasil menghasilkan conversion dan mana yang masih kurang maksimal.

5. Meningkatkan Kecepatan Website

Ketika kamu mengunjungi suatu website, hal yang paling mengganggu adalah durasi loading yang lemot.  Jika kamu berpikir hal tersebut hanya dikarenakan provider internet kamu lambat, kamu salah besar. Suatu Website yang  tidak memiliki technical optimization yang baik dan sering terserang Malware dapat membuat Load time page menjadi sangat lama.

Mau sebaik apapun konten yang kamu buat, jika loading websitenya lamban maka pengunjung akan dengan sangat cepat. Pada akhirnya pengunjung akan mencari website lain yang dapat memberikan pengalaman akses yang lebih baik.

6. Riset Keyword

Jika Kamu membuat konten artikel  tanpa melakukan riset keyword, maka itu adalah kesalahan yang fatal bagi pemilik website ataupun blog. Riset Keyword bisa membantu Anda unutk menemukan kata kunci yang relevan dan akurat, sehingga dapat memperbesar peluang konten kamu untuk ranking.

Ada beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan riset keyword, yaitu Volume pencarian, Saran Kata Kunci, tingkat kesulitan keyword,SERP,  search intent, CPC (cost per Click) yang biasa digunakan untuk kepentingan  Google ADS.

7.  Targetkan Long Tail

Ada 2 jenis kata kunci yang dibedakan berdasarkan jumlah kata yang ada di dalamnya. Kedua jenis kata kunci tersebut adalah Short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci berdasarkan satu ataupun dua suku kata seperti “makanan sehat” dan ”install Windows”. Sedangkan Long Tail Keyword adalah kata kunci berdasarkan tiga kata atau lebih Seperti “ ekspedisi Cargo Jakarta palembang” dan “ cara memasak ayam goreng”.

Longtail Keyword Cenderung memiliki volume pencarian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan short tail keyword. Namun, Long Tail Keyword memiliki persaingan kata kunci yang minim sehingga memudahkan konten Anda berada di top rank pencarian.

8. Membuat konten yang lengkap dan menarik

Selanjutnya, Teknik SEO yang sering dilupakan adalah membuat konten yang menarik. Ketika pengguna ingin mengetahui informasi tertentu, pastinya mereka menginginkan jawaban yang lengkap dapat menjawab masalah yang sedang dihadapi.

Google juga menyadari hal tersebut, sehingga mereka akan mengutamakan konten –Konten yang membahas materi secara lengkap untuk menduduki top rank pencarian mereka. Konten-konten itulah yang diharapkan untuk meningkatkan traffic dari website.

9. Optimasi Gambar

Tambahkan gambar yang sesuai dengan materi konten artikel kamu, adalah langkah yang baik supaya pengunjung tidak cepat bosan dalam membaca. Namun, Anda wajib mengoptimasikan  gambar yang akan kamu unggah supaya tidak memperlamban loading dari website.

Salah satu cara untuk optimisasi gambar, Anda bisa dapat kompres gambar sebelum upload. Sehingga ukuran gambar akan berkurang dan tidak memberatkan halaman website. Salah satu website untuk mengkompres gambar adalah tinypng.com

10. Membuat Internal Link

Internal link adalah sebuah rekomendasi link dari satu halaman ke halaman dalam satu website yang sama. Dengan internal link, dapat mengetahui hubungan antar halaman dalam satu website. Google akan mengutamakan website yang  memiliki rantai hubungan antar konten satu dengan lainnya.

Internal akan membantu meningkatkan waktu pengunjung selama mengunjungi website Anda. Adanya internal link membuat pengunjung akan lebih mudah berpindah antar konten di website kamu.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing? Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Strateginya

Demikianlah artikel dari kami yang telah membahas cara meningkatkan SEO website bisnis kamu. Semoga informasi dari kami dapat menjadi referensi  buat Anda yang ingin menerapkan teknik SEO.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!