Kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Semakin tinggi kepuasan mereka terhadap suatu bisnis, maka semakin tinggi pula kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut.
Oleh sebab itu, setiap pelaku usaha wajib memahami tentang bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan agar bisnisnya dapat semakin berkembang dan terus tumbuh besar.
Baca Juga: Apa Itu CRM? Mengenal Definisi Beserta Manfaatnya Untuk Bisnis
Salah satu cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk.
Cara ini berguna agar mereka mau mengonsumsi produk kembali dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan.
Selain itu, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. So, buat kamu para pelaku usaha yang sedang merintis atau sedang menjalankan bisnisnya, pastikan menyimak artikel ini sampai habis, ya!
Begini Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Kami telah merangkum 7 (tujuh) cara meningkatkan kepuasan pelanggan dari berbagai sumber terpercaya. Berikut diantaranya.
1. Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk
Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, cara ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena dengan konsisten menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas produk, pelanggan akan cenderung ingin kembali mengonsumsi produk tersebut.
Sebaliknya, jika kualitas produk menurun maka pelanggan cenderung enggan membelinya kembali karena telah merasa kecewa dengan penurunan kualitas dari produk yang mereka beli.
2. Perlakukan Pelanggan Selayaknya Raja
Pelanggan akan merasa tersanjung jika diperlakukan layaknya raja. Cara ini tentu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, karena mereka akan merasa nyaman ketika diperlakukan seperti itu.
Kenyamanan inilah yang membuat mereka akan kembali dan mau membeli produk-produk bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan.
3. Layani secara Fast Response dan Ramah
Kecepatan dan keramahan dalam memberikan layanan menjadi cara meningkatkan kepuasan pelanggan berikutnya. Kedua hal ini perlu diperhatikan oleh pelaku usaha di bidang apapun agar bisnisnya dapat terus berkembang.
Semakin cepat pelayanan diberikan, maka semakin baik pula nama perusahaan di mata pelanggan. Sementara apabila layanan yang diberikan berjalan lambat , maka bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan mencari sesuatu yang dibutuhkannya ke kompetitor bisnis yang memberikan layanan lebih cepat.
4. Memberi Apresiasi kepada Pelanggan Loyal
Cara meningkatkan kepuasan pelanggan selanjutnya adalah dengan memberikan apresiasi.
Ini adalah cara untuk membangun kedekatan dengan para pelanggan, khususnya pelanggan yang sering melakukan pembelian berulang. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan senang atas kualitas layanan yang diberikan.
5. Menerima Kritik dan Saran
Cara lain dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu menerima kritik dan saran. Dengan mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen, pelaku usaha dapat mengevaluasi segala jenis kekurangan yang ada pada bisnisnya.
Pelanggan adalah subjek yang paling mengetahui tentang kekurangan dari suatu perusahaan yang produk bisnisnya mereka konsumsi. Hal ini karena mereka lah yang paling merasakan segala fitur layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.
Sehingga kritik dan saran dari mereka sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan angka kepuasan konsumen terhadap bisnisnya.
6. Jaga Kedekatan dengan Pelanggan
Kemudian, cara meningkatkan kepuasan pelanggan juga bisa dengan menjaga kedekatan hubungan dengan pelanggan itu sendiri. Misalnya, mengirim email marketing atau pesan instan kepada mereka agar bisa tetap menjaga hubungan baik.
Perlu diingat bahwa interaksi bersama pelanggan tidak hanya berhenti sampai produk diterima oleh mereka. Namun juga harus terus dijalin setelahnya agar bisa membuat mereka mau menggunakan produk secara berulang.
7. Survei Kepuasan Pelanggan
Cara meningkatkan kepuasan pelanggan terakhir adalah melakukan survei. Perusahaan bisa memberikan sejumlah pertanyaan survei kepada para konsumen mengenai kualitas layanan yang mereka berikan.
Hal ini bertujuan agar pemilik perusahaan mengetahui seberapa jauh dan seberapa puas pelanggan terhadap kualitas layanannya.
Cara ini bisa dilakukan dengan menyebarkan form atau menanyakan langsung melalui customer service dan call center. Melalui survei tersebut, perusahaan dapat mengevaluasi hal-hal mana saja yang dianggap kurang oleh konsumen dan dapat memperbaikinya agar bisa meningkatkan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang diberikan.
Manfaat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Meningkatkan kepuasan pelanggan tidak hanya dapat memberikan gambaran positif tentang perusahaan kepada khalayak umum, namun juga memiliki banyak manfaat yang diantaranya:
1. Meningkatkan Penjualan
Meningkatkan kepuasan pelanggan dapat bermanfaat bagi peningkatan penjualan. Hal ini karena dengan meningkatnya angka kepuasan pelanggan, produk bisnis akan semakin diketahui oleh banyak orang.
Sehingga, makin banyak calon konsumen yang penasaran dengan produk bisnis tersebut dan cenderung akan membelinya.
2. Meningkatkan Branding
Selayaknya efek domino, peningkatan penjualan akan berdampak pada peningkatan branding suatu produk.
Peningkatan kepuasan pelanggan sangat bermanfaat bagi pembangunan branding yang positif. Apabila pelanggan senang dengan kualitas suatu produk atau layanan, maka itu akan otomatis meningkatkan citra bisnis perusahaan.
3. Menciptakan Peluang Terjadinya Pembelian Berulang
Manfaat meningkatkan kepuasan pelanggan yang terakhir adalah dapat menciptakan peluang terjadinya pembelian berulang.
Pelanggan tentu akan memilih produk dari perusahaan yang kualitas pelayanannya bagus. Hal ini tentu memungkinkan mereka untuk mau membeli produk itu kembali di lain waktu, karena merasa setiap kali mereka membeli produk tersebut, mereka selalu mendapat pelayanan yang baik.
Baca Juga: Apa Saja Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa? Cek di Sini!
Demikian informasi seputar cara meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis beserta manfaatnya. Silahkan terapkan cara-cara di atas untuk menambah penjualan bisnismu. Semoga sukses!