perbedaan gym dan fitness

Share This Post

Gym serta fitness dapat merujuk pada kegiatan dan tujuan yang sama, namun ternyata keduanya memiliki arti yang berbeda. Gym adalah akronim dari gymnasium dan bisa diartikan sebagai tempat untuk aktivitas latihan dan berolahraga, seperti layanan untuk atletik, senam, dan kardio.

Namun kini, kata gym mengalami pergeseran makna dan lebih identik sebagai pusat latihan kebugaran, yang menyediakan berbagai macam alat olahraga untuk menunjang program latihan anda. Biasanya, tempat gym juga menyediakan pelatih atau trainer untuk para pelanggannya.

Baca juga: Harus Tahu! 5 Alat Fitness Beserta Fungsinya Buat Kamu Yang Mau Mulai Nge-Gym

Sementara fitness adalah sebuah gaya hidup seimbang dengan cara menjaga pola hidup yang sehat dan kebugaran tubuh dengan mengkombinasikan tiga faktor, yaitu olahraga, asupan nutrisi, dan istirahat.

Perbedaan Gym dan Fitness

Dari masing-masing pengertian gym fitness, sudah terlihat jelas perbedaan antara keduanya bukan? Lalu, apa saja perbedaan gym dengan fitness secara lebih mendalam? Agar dapat memahami lebih lanjut, berikut beberapa perbedaan antara gym dengan fitness.

Latihan

Seperti yang anda ketahui, gym sangat identik sebagai pusat latihan kebugaran yang merujuk pada aktivitas latihan seperti angkat beban yang dapat membentuk otot tubuh agar bisa menjadi ideal.

Sementara itu, fitness tidak berfokus pada angkat beban saja, namun juga melaksanakan olahraga lainnya, seperti push up, sit up, dan lainnya untuk mendapatkan kebugaran pada tubuh.

Tempat Latihan

Di tempat gym, anda akan menemukan peralatan olahraga yang lengkap, seperti barbel, dumbbell, body crunch, dll. Berbeda dengan gym, umumnya fitness dapat dilakukan di mana saja.

Anda bisa melaksanakan aktivitas push up dan sit up di kamar tidur, teras rumah, atau di ruangan manapun. Meskipun begitu, anda juga bisa mengunjungi tempat khusus, yaitu fitness center yang juga menyediakan peralatan olahraga, tempat untuk jogging,.hingga kolam renang.

Berbagai Macam Alat Fitness 

Jika anda datang ke tempat gym atau fitness center, anda akan menemukan berbagai macam alat fitness dengan berbagai fungsi atau manfaat yang dihasilkannya. Berikut ini beberapa macam alat fitness yang dapat anda ketahui dan gunakan, diantaranya:

Dumbell

Dumbell bisa menjadi pilihan anda untuk melatih kekuatan lengan, jika anda belum berani untuk melakukan angkat beban. Memiliki bentuk yang hampir sama dengan barbel, namun 

dumbell memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek, dan hanya bisa digunakan dengan satu tangan.

Berat dari dumbell yang tersedia juga bervariasi, yaitu sekitar 2-10 Kg, tergantung kebutuhan dan kemampuan anda.

Ab Roller

Ab roller adalah alat yang memiliki roda pada bagian tengah dan dilengkapi dengan pegangan di kedua sisinya. Alat ini bermanfaat untuk membentuk dan memperkuat otot perut, tangan, bahu, serta punggung bawah. 

Anda bisa melakukan sejumlah gerakan olahraga dengan bantuan alat ini, seperti plank hingga knee roll out. Namun sebelumnya, gunakan matras untuk menghindari bagian kaki agar tidak terluka.

Weight Plates

Weight plates adalah beban yang memiliki bentuk cakram yang terbuat dari bahan logam. Alat fitness ini dapat digunakan untuk dua hal, baik digunakan sendiri untuk latihan beban, atau bisa juga dengan tambahan beban yaitu batang atau bar barbell.

Pull Up Bar

Pull up bar adalah alat olahraga yang dilakukan dengan cara meraih bar yang tersedia, lalu tangan anda seperti posisi menggantung. Kemudian, usahakan untuk mengangkat badan hingga dagu anda sejajar dengan bar.

Alat olahraga ini banyak diminati oleh para pria, karena dapat membentuk otot-otot tubuh. Tidak hanya dilakukan untuk pria saja, namun pull up bar juga bisa dilakukan oleh wanita dengan gerakan yang simpel.

Bench

Bench adalah tempat duduk yang dapat digunakan secara fleksibel untuk menunjang berbagai latihan mengangkat beban, baik untuk melatih otot dada, bahu, punggung, dan otot-otot lainnya.

Bench terdiri dari tiga jenis yaitu flat bench (datar), incline bench (menanjak), dan decline bench (menurun). Beberapa jenis bench tersebut posisinya dapat diatur menyesuaikan dengan tujuan latihan anda.

Treadmill

Seperti halnya jogging yang dilakukan dengan cara berlari, namun dengan alat olahraga ini tidak membuat anda untuk berputar-putar di dalam rumah. Dengan treadmill, anda bisa berlari-lari di tempat, bahkan bisa dilakukan sambil menonton televisi. Anda bisa berlari di atas treadmill selama 10 menit di setiap harinya,

Sepeda Statis

Seperti sepeda pada umumnya, sepeda statis juga menjadi kegiatan olahraga yang dapat dilakukan di rumah dengan cara mengayuh. Bersepeda bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan kesehatan, dan menguatkan kaki. 

Alat olahraga tentunya masih banyak macam jenis dan manfaatnya masing-masing untuk kebutuhan olahraga anda. 

Nah, itu dia beberapa perbedaan gym dan fitness yang dapat anda ketahui. Antara keduanya tentunya memiliki perbedaan arti, yang mana gym sebagai tempat atau lokasi latihan olahraga, sedangkan fitness adalah gaya hidup atau lifestyle yang sehat. 

Selain melakukan aktivitas olahraga di tempat gym ataupun fitness center, anda juga bisa melakukannya dari rumah, dengan beberapa alat fitness yang dapat anda beli melalui online maupun offline. Untuk mengangkutnya anda tidak perlu khawatir, karena Klik Logistics siap melayani pengiriman alat fitness anda dengan tarif termurah hingga sampai ke lokasi tujuan dengan aman.

Baca juga: Mengenal Olahraga Squash! Sejarah, Peraturan, dan Perlengkapannya

Sebagai spesialis pengiriman barang besar dan banyak, Klik Logistics dapat melayani pengiriman alat fitness anda ke seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi? Segera hubungi customer service kami untuk informasi pengiriman dan harga terbaik!

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!