tips cod aman

Share This Post

COD atau Cash on Delivery tentunya sudah tidak asing lagi terdengar. COD adalah sistem pembayaran yang memungkinkan pembeli barang online membayarnya ketika sudah sampai di alamat tujuan.

Metode ini memudahkan anda untuk membayar barang pesanan, tanpa melakukan transfer terlebih dahulu. Bahkan anda juga dapat mengecek atau memastikan barang pada paket tersebut untuk meminimalisir kesalahan, sebelum anda membayar paket tersebut.

Baca juga: Apa Perbedaan Pick Up dan Drop Off? Berikut Penjelasannya!

Nah, artikel ini akan mengajak anda untuk mengenal apa itu COD, beserta keuntungan dan tips COD aman bagi para pembeli yang menggunakan sistem pembayaran tersebut.

Pengertian COD 

Apa itu COD? COD adalah salah satu metode atau sistem pembayaran yang dilakukan pada saat barang telah diterima atau sampai di lokasi tujuan. Persyaratan serta bentuk pembayaran yang diterima dapat berbeda-beda, sesuai dengan ketentuan perjanjian antara penjual dan pembeli.

Pembayaran yang dilakukan secara COD ini umumnya telah disepakati antara penjual dan pembeli, usai terjadinya proses penjualan dengan cara jualan COD tersebut dilakukan dengan pembayaran tunai. Sehingga, pembayaran COD dilakukan setelah barang yang dijual tersebut telah diterima oleh pembeli.

Keuntungan COD Bagi Pembeli Online

Metode pembayaran secara COD sudah cukup populer dan sudah tidak asing lagi di masyarakat yang sering melakukan belanja online melalui marketplace. Tidak hanya menguntungkan bagi para penjual yang menggunakan cara jualan COD, sistem ini juga memberikan keuntungan kepada pembelinya.

Adapun beberapa keuntungan dari sistem COD yang dapat dirasakan dan menghindari resiko kerugian oleh pembeli, diantaranya:

  • Pembayaran dilakukan secara langsung dan lebih mudah, seperti pembelian produk di toko.
  • Dapat memastikan kualitas produk terlebih dahulu sebelum membayarnya.Apakah produk sesuai atau tidak dengan keterangan produk di toko tersebut.
  • Dapat lebih cepat untuk melakukan pengembalian barang, jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian produk yang dipesan.
  • Ongkos kirim yang relatif lebih murah, jika penjual juga berada di satu wilayah yang sama dengan si pembeli 

Tips COD yang Aman Untuk Pembeli Online

Untuk menghindari adanya kesalahan dan tidak mengalami kerugian, maka anda perlu  menerapkan beberapa tips COD aman untuk pembeli secara online berikut ini. 

Pilih Penjual Terpercaya

Tips pertama ketika membeli barang secara online dengan sistem COD, yaitu pilihlah penjual yang terpercaya. Penjual yang menggunakan cara jualan COD yang telah terpercaya pastinya akan mengirimkan barang yang sesuai dengan pesanan anda. Pastikan juga penjual telah memiliki testimoni positif dari pembeli lainnya, untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual.

Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli barang, pastikan terlebih dahulu penjual tersebut mendapatkan banyak kepercayaan dari para pembelinya.

Pilih Ekspedisi yang Terpercaya

Di era tren belanja online, untuk membeli barang secara online tentunya membutuhkan ekspedisi yang juga menawarkan sistem COD dalam pengiriman barang online. Meskipun begitu, anda juga tidak boleh asal untuk memilih ekspedisi dan pastinya harus yang terpercaya.

Periksa Kondisi Paket Sebelum Membayar

Ketika paket anda telah sampai, maka periksa terlebih dahulu paket yang anda terima tersebut, apakah telah sesuai dengan pesanan anda. Perhatikan juga detail dari produk yang anda beli tersebut, apakah sesuai dengan deskripsi di toko online. Hal itu dilakukan untuk menghindari anda dari resiko kesalahan produk dari paket yang anda terima, agar anda tidak merugi.

Jika barang tersebut telah sesuai dengan barang pesanan anda, maka anda dapat membayarnya sesuai harga yang telah disepakati.

Membayar dengan Uang Pas

Untuk memudahkan si pengantar paket atau kurir yang mengantarkan paket anda, sebaiknya anda membayarnya dengan uang tunai dengan jumlah yang pas, atau sesuai dengan harga pesanan anda. Sehingga waktu transaksi anda dengan kurir lebih singkat dan tidak mengalami kerepotan untuk mencari kembalian.

Rekam Saat Unboxing Paket

Meskipun paket anda dilakukan dengan sistem COD, namun tetap saja adanya risiko ketidaksesuaian produk dan barang yang salah kirim bisa saja terjadi. Untuk mengatasinya, maka sebaiknya buatlah video unboxing paket ketika anda membuka paket.

Merekam paket pada saat unboxing juga berlaku untuk pembelian barang lewat marketplace yang menggunakan sistem COD. Jika nantinya paket tersebut tidak sesuai dengan pesanan, maka anda bisa melakukan klaim untuk penukaran barang atau pengembalian uang.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Packing Barang yang Dijamin Aman

Nah, itu dia penjelasan mengenai tips aman ketika COD untuk pembeli online, yang dapat anda terapkan untuk menghindari resiko kesalahan pengiriman atau barang yang tidak sesuai ekspektasi. Dengan beberapa tips di atas, semoga anda bisa meminimalisir resiko kesalahan dan dapat bertransaksi online secara aman.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!