rekomendasi wisata kuliner medan yang wajib banget dikunjungi

Share This Post

Medan adalah salah satu kota di Sumatera yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan ketika tengah berlibur keluar kota. Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Utara ini juga menjadi salah satu  pintu masuk bagi para wisatawan yang ingin liburan, karena lokasinya yang tidak jauh dari Bandara berstandar Internasional Kuala Namu. Tak hanya menjadi kota yang menarik, wisata kuliner Kota Medan tentunya juga menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Untuk kamu ketahui, dulunya Medan adalah kawasan yang memiliki sebutan sebagai Tanah Deli. Tanah Medan memiliki karakteristik yang berawa-rawa dengan luas 4000 Ha, dan memiliki banyak aliran sungai yang bermuara ke Selat Malaka. Adanya karakteristik pada tanah, geografis, serta keberagaman etnis penduduk di Medan tentunya juga berpengaruh dengan tradisi serta budaya masyarakat setempat yang kaya akan sejarah serta budaya. Keberagaman etnis pada penduduk Medan pun ikut menjadikan Medan kaya akan sejarah serta budaya, sehingga memiliki dampak pada pariwisata, terutama kulinernya. 

Lalu apa saja sih rekomendasi wisata kuliner Medan yang wajib banget dikunjungi dan harus dicoba? Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner Medan murah dan enak.

Baca juga: Wisata Kuliner Bekasi yang Wajib Dikunjungi Pecinta Makan!

5 Rekomendasi Wisata Kuliner di Medan

Medan ternyata memiliki banyak wisata kuliner yang beragam. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata kuliner di Medan yang bisa kamu coba dan wajib kamu kunjungi.

1. Kedai Durian Ucok

Medan tentunya tidak lepas dari buah Durian, apalagi jika kamu penggemar Durian sejati. Durian Medan yang dikenal legit dan memiliki sensasi rasa yang sedikit pahit. Kedai Durian yang cukup dikenal dan menjadi salah satu ikon tempat wisata kuliner di Medan yakni Kedai Durian Ucok. Kedai durian Ucok ini dibuka pada malam hari hingga menjelang pagi, baik makan di tempat maupun dibawa pulang, serta melayani pengiriman antar kota.

Keunikan dari kedai durian ini yaitu, pemilik Kedai yang dikenal dengan panggilan Bang Ucok atau Zainal Abidin ini memperbolehkan pelanggannya untuk menukar durian yang sudah dibeli dengan yang baru, jika kamu merasa durian yang sudah dibuka memiliki rasa yang kurang enak.

2. Sate Memeng

Salah satu rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan yang wajib kamu coba adalah Sate Memeng. Nama Sate Memeng ini sendiri asalnya dari nama pembuat sate pertamanya yang bernama H. Muhammad Saimin yang akrab dengan panggilan Memeng. 

Kuliner legendaris di Kota Medan ini memiliki menu dari mulai daging sapi, kambing, ayam, hati, sate campur, dll. Pilihan bumbu yang diberikan pada menunya dapat dipilih sesuai selera pembeli, dengan pilihan bumbu yang dapat dipilih seperti bumbu kecap, kacang, serta bumbu padang. Bumbu racikan sate yang khas menjadikan Sate Memeng ini sebagai salah satu rekomendasi wisata kuliner Medan yang wajib banget dikunjungi.

3. Soto Sinar Pagi

Tidak hanya di Jawa, ternyata Medan juga punya Soto loh. Salah satu kuliner soto di Medan yang wajib dikunjungi yakni Soto Sinar Pagi. Rumah Makan Sinar Pagi ini diketahui telah berdiri sejak tahun 1962. Kuliner soto yang tersedia disini dikenal enak dengan cita rasa yang kuat.

Kuah kuning kental dari soto yang yang terbilang cukup laris tersebut mengandung santan tersebut diracik dengan rempah-rempah Indonesia yang menambah kelezatan rasa soto. Maka tak heran untuk bisa makan Soto Sinar Pagi ini, kalian harus siap-siap untuk mengantre. Rumah Makan Soto Sinar Pagi ini mulai dibuka pukul 07.00 pagi. 

4. Kedai Kopi Apek

Untuk kamu para penggemar kopi, Kedai Kopi Apek bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Kota Medan yang wajib kamu kunjungi. Kedai Kopi yang diketahui berdiri sejak tahun 1922 ini memiliki cita rasa yang tidak berubah hingga sekarang. Gaya vintage yang ada pada Kedai Kopi Apek ini sudah terlihat dari luar hingga ke dalam kedai, membuat para penikmat kopi di kedai ini seperti dibawa untuk bernostalgia.

Tidak hanya kopi, Kedai Kopi Apek juga menyediakan makanan seperti roti bakar, martabak, hingga nasi soto sebagai teman minum kopimu.

5. Jalan Semarang

Jika kamu ingin merasakan sensasi makan makan di luar, Jalan Semarang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin hunting makanan di pusat kuliner malam Medan. Jalan ini diketahui sebagai salah satu pusat kawasan hiburan populer di Medan sejak tahun 1960 an. Sebagai kawasan pecinan di Medan, disini kamu akan menemukan deretan penjual chinese food. Namun jangan khawatir, disini ada juga penjual makanan lainnya seperti sate, nasi bebek Hainan, hingga martabak.

Untuk berwisata kuliner di Jalan Semarang ini, kamu bisa datang mulai pukul 18.00 hingga pukul 01.00 pagi, karena di siang hari kawasan ini digunakan sebagai sentra penjualan onderdil kendaraan.

Baca juga: Rekomendasi Coffee Shop di Bekasi yang Cocok Jadi Tempat Nongkrong

Nah itulah 5 rekomendasi wisata kuliner Medan yang wajib banget dikunjungi oleh kamu para penikmat kuliner. Semoga artikel ini yang kami berikan ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin mengunjungi wisata kuliner Medan murah dan enak.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!