perbedaan windows dan linux

Share This Post

Ketika kamu membangun sebuah PC ataupun instalasi Laptop, hal yang selalu terbesit di pikiran kamu pastinya Sistem Operasi apa yang harus saya gunakan? Dan jawaban akan hal tersebut akan mengerucut pada 2 hal yaitu Windows atau Linux. Meski Mac Os juga termasuk sebagai sistem operasi, namun eksklusifitas yang dimiliki produk Apple membuat penggunaan sistem operasi Mac Os pada hardware custom tidaklah memungkinkan. Jadi kembali, pilihan hanya 2 yaitu, Windows dan Linux.

Sistem Operasi Windows dan Linux memiliki perbedaan yang besar secara GUI (Graphical Interface User), License, Developer Support dan sistem lainnya. Secara garis besar Windows adalah sistem operasi dengan komersialitas tertinggi, karena memiliki pengguna terbesar di dunia. Namun, hal tersebut tidak membuat Linux tertinggal, malahan, komunitas pengguna Linux itu cukup solid untuk bidang tertentu seperti Software Programmer dan Network Engineer.

Lantas apa sih perbedaan Windows dan Linux? Dan manakah sistem operasi yang cocok buat kamu? kita akan ulas dibawah ini.

Baca Juga: 7 Aplikasi Ai Gratis yang Dapat Membantu Pekerjaanmu

Perbedaan Windows dan Linux

Kita pada dasarnya tidak memiliki banyak opsi dalam memilih sistem Operasi, tinggal Pilih Windows atau Linux, bahkan di dekade 90an Windows merajai pasar sistem operasi PC, meski mempunyai pesaing Mac Os dari Apple, namun Microsoft Windows adalah satu-satunya opsi sistem operasi untuk Hardware Build Base. Linux hadir untuk menghindari Monopoli pasar yang mungkin dilakukan oleh Microsoft, dengan menghadirkan sistem operasi Linux. 

Terdapat banyak perbedaan antara sistem operasi Windows dan Linux, berikut adalah daftar Perbedaan Windows dan linux.

1. Software License ( Lisensi )

Perbedaan Pertama datang dari segi lisensi, Windows adalah sistem operasi yang di kembangakan oleh Microsoft dengan Program Code Private, sehingga hanya Pengembang Internal Mereka Saja yang dapat mengakses dan melakukan pengembangan terhadap sistem operasi tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, user akan terikat pada aturan lisensi yang ditetapkan oleh pihak Microsoft, hal tersebut, tentunya akan membatasi beberapa kebutuhan User seperti, Network Firewall untuk para Network Engineer dan akses Internal untuk para Software Developer. 

Lain hal dengan Linux, Sistem operasi datang dengan bentuk lisensi Open-Source dimana kode Program dapat diakses siapa saja, sehingga setiap orang yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan sistem operasi ini dapat berpartisipasi dengan mudah. Maka dari itu bagi kamu pengguna Linux setiap sistem yang kamu gunakan dalam Os tersebut adalah hasil modifikasi komunitas Linux. Sistem Open Source ini membuat Os dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan user. Sehingga sangat cocok digunakan para teknisi jaringan ataupun Software Developer.

2. Optimisasi Kinerja 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Linux adalah baiknya optimasi kinerja sistem mereka, jika menggunakan Linux kebutuhan mengganti hardware demi mengikuti kinerja Os hampir tidak dibutuhkan, karena Linux selalu dibangun optimasi hardware dan software yang sangat baik, meski, sisi buruknya GUI mereka terasa outdated dan sering mengandalkan Command Type.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Microsoft Windows, yang setiap varian Update Os Mereka seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10 hingga terbaru sekarang Windows 11 membutuhkan update gak hanya Software namun juga hardware, karena hardware yang berjalan di Windows 7 misalnya, tidak mungkin akan memiliki performa yang sama jika di update Windows 10. Inilah alasan, mengapa ketika Update Windows, PC kamu terasa lemot. Namun hal tersebut dilakukan oleh Microsoft untuk Meningkatkan GUI dan UI secara general sehingga terlihat lebih Fresh

3. Penggunaan User 

Sistem operasi windows banyak digunakan PC, Laptop hingga Mobile device, pengguna atau user microsoft datang banyak datang pengguna awam, pekerja kreatif hingga web developer, karena kebanyakan software yang menunjang aktivitas kerja mereka dirilis di Microsoft Windows. Bahkan untuk gaming rasanya Microsoft adalah sistem operasi yang paling tepat buat kamu karena banyaknya dukungan Publishers Game di Windows.

Sebaliknya, Linux memiliki pasar User yang sangat segmented, hanya beberapa user dengan background tertentu saja yang biasa membutuhkan sistem operasi yang satu ini. Meski seiring  dengan perkembangan waktu Linux kini mendapatkan support dari Aplikasi dan software ternama. Namun, tidak semasif di support di Windows, hal ini bisa dimaklumi karena pada dasarnya Linux dirancang sebagai GUI sebuah Server, sedangkan Windows Full On di Build untuk PC.

4. Harga

Dengan perbedaan Lisensi yang dimiliki kedua sistem operasi tersebut, pastinya berimbas pada berbedanya harga di antara keduanya. Windows merupakan sistem operasi yang full paid dengan harga 3.000.000 untuk windows 10, terlihat mahal? Sebenarnya tidak juga, karena Windows akan memberikan free update untuk Windows selanjutnya. 

Sedangkan Linux yang merupakan Open Source Os sudah pasti tidak dikenakan biaya Sepeserpun alias Gratis. Anda hanya perlu mendownload linux menuju komputer Anda saja.

Pilih Windows atau Linux?

Pada dasarnya setiap kita memilih suatu hal yang berhubungan dengan teknologi, maka kita harus menyesuaikan sesuatu hal dengan kebutuhan kita. Sama hal nya dengan kasus ini, jika kamu membutuhkan sistem tampilan interface yang baik, Dukungan dari berbagai aplikasi dan software, ataupun hanya kebutuhan belajar dan kantor, maka Windows adalah Pilihan yang tepat buat kamu. Meski, terdapat kekurangan pada rentannya diserang virus dan sistem keamanan jaringan yang busuk.

Namun jika kamu bekerja di Security Network, Software Programming hingga Network Engineer Linux memberikan kebebasaan kustomisasi sistem dan keamanan data yang jauh lebih secure dibandingkan dengan Windows. tapi, Support App yang belum luas hingga tampilan interface yang nerdy banget membuat sistem operasi ini belum menjadi opsi yang tepat untuk pemakaian kasual.

Namun, Kalau Saran Kami pakai saja keduanya dengan sistem partisi pada hard drive kamu bisa juga lho memakai dua Os dalam satu PC ataupun laptop.

Baca Juga: Wisata Kuliner Bekasi yang Wajib Dikunjungi Pecinta Makan!

Demikian artikel mengenai perbedaan windows dan Linux kali ini, semoga penjelasan kami dapat menambah pengetahuan Anda tentang sistem operasi Windows maupun Linux.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!