cara menulis alamat paket

Share This Post

Untuk Melancarkan Proses Pengiriman barang yang sedang berlangsung, sebuah alamat Penerima yang jelas menjadi salah satu kunci utamanya. Namun dalam prakteknya masih banyak orang yang keliru dalam menuliskan alamat tujuan paket. Penulisan alamat paket yang salah dapat memperbesar kemungkinan keterlambatan waktu pengiriman, yang pastinya tidak diinginkan oleh banyak orang.

Meskipun tidak ada aturan yang baku mengenai penulisan alamat tujuan paket, namun alangkah baiknya sebuah paket dapat ditulis dengan selengkap mungkin agar membantu kurir maupun penyedia jasa ekspedisi untuk dapat mengirimkan barang Anda ke alamat yang tepat.

Mengingat pentingnya pengetahuan untuk menulis alamat paket yang benar, maka berikut kami berikan cara menulis alamat paket yang sesuai standar operasi jasa ekspedisi.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Ekspedisi dan Cargo dalam Layanan Pengiriman Barang

Tata Cara Menuliskan Alamat Paket yang Benar

Menulis alamat paket dengan benar adalah hal yang penting untuk memastikan paket sampai dengan aman dan tepat waktu ke tujuan yang dimaksud. Berikut adalah beberapa tata cara menuliskan alamat paket yang benar.

1. Menuliskan Alamat Penerima dengan Rinci dan Lengkap

Tulis alamat penerima dengan jelas dan lengkap, termasuk nama, nomor rumah atau gedung, nama jalan, nama desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten atau kota, kode pos, dan negara. Pastikan nama penerima dan alamatnya benar-benar sesuai dengan data yang tercatat pada dokumen resmi, seperti KTP atau kartu keluarga.

2. Menuliskan Nama Lengkap Pengirim dan Penerima

Untuk mengetahui siapa yang menjadi pihak pengirim maupun penerima barang maka wajib rasanya menuliskan nama lengkap pengirim dan penerima. Pastikan nama yang Anda tulis merupakan nama lengkap Anda dan bukan nama panggilan ataupun samaran. Hal ini untuk memudahkan kurir untuk menanyakan orang pada lingkungan sekitar jika keberadaan rumah sulit untuk ditemukan.

3. Tuliskan Nomor Telepon Aktif Penerima dan Pengirim

Nomor Telepon adalah hal yang tidak boleh dilupakan dalam menuliskan Alamat Paket, pastikan Anda menuliskan nomor telepon ataupun nomor HP/ Whatsapp. Menulis telepon pada alamat paket berfungsi untuk kurir melakukan kontak terhadap Anda jika kesulitan menemukan Alamat yang diberikan ataupun memberikan informasi mengenai kendala yang terjadi selama proses pengiriman barang.

Contoh Penulisan Alamat Pengiriman yang Benar

Untuk lebih jelas mengenai tata cara penulisan alamat paket yang benar, Berikut kami berikan contoh penulisan alamat Paket yang benar yang sesuai standar operasi ekspedisi barang.

Penerima:

Kira Yoshikage

Jl. Morioh III No.10 RT 01 RW 05, Perumahan Deli Murni, Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17433

No. Telepon: 081235567890

Untuk menuliskan identitas pengirim cukup cantumkan nama lengkap dan No HP/Whatsapp yang dapat dihubungi. Penulisan alamat pengirim tidaklah terlalu dibutuhkan namun jika didinginkan tiru saja format penulisan  alamat penerima yang Ada diatas.

Tips Packing Packet yang Aman

Ketika melakukan pengiriman barang, penting untuk memastikan bahwa barang-barang yang dikirimkan aman dan terlindungi selama perjalanan. Berikut adalah beberapa tips packing barang yang aman:

Pilih kemasan yang Tepat

Kemasan yang tepat akan melindungi barang dari benturan, goresan, dan bahkan cuaca buruk selama pengiriman. Pastikan kemasan yang Anda gunakan cukup kuat dan tahan terhadap berbagai jenis tekanan yang mungkin terjadi selama pengiriman.

Gunakan Bahan Pelindung

Bahan pelindung seperti Bubble Wrap, kertas koran, atau styrofoam dapat membantu melindungi barang dari benturan dan kerusakan selama pengiriman. Pastikan Anda mengisi ruang kosong di dalam kemasan dengan bahan pelindung yang cukup.

Jangan Mengisi Kemasan Terlalu Penuh

Meskipun bahan pelindung penting untuk melindungi barang, pastikan kemasan tidak terlalu penuh sehingga barang dapat bergerak dan merusak sendiri saat pengiriman.

Pilih label pengiriman yang tepat

Pastikan label pengiriman mencantumkan alamat pengirim dan penerima yang jelas dan lengkap, serta informasi pengiriman yang diperlukan seperti nomor pengiriman atau nomor resi pengiriman.

Gunakan Perekat atau Selotip

Pastikan Anda menggunakan pengikat atau selotip yang cukup kuat dan tahan terhadap berbagai jenis tekanan yang mungkin terjadi selama pengiriman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa barang-barang yang dikirimkan melalui layanan pengiriman akan terlindungi dengan baik selama perjalanan dan sampai di tujuan dengan selamat. Perlu diingat bahwa packing barang yang aman dan tepat dapat membantu menghindari kerusakan pada barang selama pengiriman.

Jika Anda Membutuhkan jasa ekspedisi dengan spesialisasi dalam pengiriman barang banyak dan besar menuju seluruh daerah di Indonesia, Klik Logistics bisa melayani hal tersebut. Bersama pengiriman akan terasa tanpa beban karena kami memberikan tarif pengiriman kargo yang dijamin termurah.

Kami juga menjamin keselamatan barang yang dikirimkan bersama kami, dengan memberikan jasa packing barang yang handal serta jaminan asuransi buat setiap barang yang kami kirimkan. Untuk info yang lebih lanjut silahkan mengunjungi laman resmi kami di www.kliklogistics.co.id

Baca juga: Jenis-Jenis Alat Berat yang Sering Dikirim melalui Penyedia Jasa Ekspedisi

Demikianlah rangkaian tips cara menulis alamat paket yang sesuai standar operasional Jasa ekspedisi. Semoga dengan info yang kami berikan dapat membuat Anda menuliskan alamat paket dengan baik dan benar.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!