cara meningkatkan brand awareness

Share This Post

Salah satu faktor yang sering dikemukakan dalam meningkatkan penjualan produk adalah Brand Awareness, karena ketika branding dari produk kamu sudah sangat melekat di benak khalayak banyak maka kamu tidak terlalu membutuhkan effort yang lebih dalam memasarkan produk Anda.

Hal tersebut dikarenakan masyarakat luas sudah memiliki familiaritas yang kuat dengan produk Anda. misalkan Motor yamaha yang memiliki tagline “Semakin Di Depan” yang mereka selalu cantumkan dalam setiap bentuk pemasaran mereka. Sadar gak sih tagline tersebut menjadi sangat terngiang di kepala kita, sampai sampai nih ya ketika kita membaca kata yamaha saja pasti langsung teringat dengan tagline nya. Nah hal ini sangat penting lho, untuk memberikan semacam stimulan ke kita bahwa “kalo mau motor kencang ya berarti pilih yamaha” hanya karena tagline 3 kalimat tersebut. Nah tagline adalah salah satu cara meningkatkan brand awareness produk kita.

Masih banyak cara meningkatkan Brand Awareness lainnya yang sudah kami susun pada artikel kami kali ini, jadi simak terus ya!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Content Marketing, Contoh, dan Manfaatnya untuk Keberlangsungan Bisnis

5 cara Meningkatkan Brand Awareness Sebuah Produk Bisnis

Brand Awareness merupakan bentuk familiaritas terhadap suatu produk bisnis, sehingga dapat dikenali ataupun diingat oleh pasar. Hal yang dapat mendongkrak Brand Awareness suatu produk seperti tagline, logo yang unik, cara penggunaan, gimmick dan hal lainnya. Berikut adalah 5 cara meningkatkan brand awareness pasar terhadap produk bisnis kamu.

1. Tagline yang Berkesan

Tagline digunakan sebagai bentuk representasi citra produk yang ingin kamu kembangkan ke audiens yang luas. Dengan membuat tagline yang berkesan akan sangat memudahkan pasar untuk mengenali sisi yang menonjol pada produk bisnis kamu. Jika kampanye tagline kamu berhasil, pasar dengan sendirinya akan mengasosiasikan suatu hal terhadap produk Anda. dengan pentingnya peran tagline dalam meningkatkan Brand Awareness produk kamu maka kamu harus mempersiapkannya dengan sangat matang.

2. Sosial Media is a King

Dijaman sekarang rasanya sulit melihat seseorang tidak memiliki sosial media. Setiap harinya orang akan berselancar di dunia maya untuk mencari informasi ataupun sekedar berkomunikasi. Melihat hal ini, rasanya sudah saatnya buat kamu untuk memasarkan produk kamu ke berbagai platform sosial media seperti whatsapp, facebook, instagram, TikTok hingga platform video seperti youtube. Pastikan kamu membuat akun  official produk kamu agar lebih terlihat resmi, sehingga memudahkan audiens pasar untuk percaya dengan produk kamu. Kamu wajib juga memberikan beragam konten yang menarik agar, yang sebelumnya orang tidak tertarik dengan produk kamu, menjadi tertarik karena konten menarik yang kamu suguhkan, pastikan kamu fast respon terhadap seluruh orderan maupun sekedar pertanyaan yang hinggap pada akun media sosial produk kamu.

3. Buat Konten yang Menarik

Diatas kita sudah membahas tentang perlunya sebuah konten yang menarik untuk membantu brand awareness produk bisnis kamu. Nah pastikan isi konten tersebut relevan dengan profil dari produk kamu. Misalkan jika kamu menjual buku novel misalnya, buat short ataupun reels mengenai preview buku ataupun rekomendasi buku yang wajib dibaca, namun tetap sisipkan identitas produk kamu sehingga pasar dapat lebih mudah mengenali produk kamu.

Kamu bisa saja membuat konten berdasarkan kejadian atau momen yang sedang viral ataupun konten bertemakan komedi, asalkan harus menjaga balance antara hal tersebut dengan relevansinya dengan produk kamu.

4. Berkolaborasi dengan Influencer

Hal termudah untuk mendongkrak brand Awareness pasar terhadap produk kamu mungkin ya dengan melakukan kolaborasi dengan influencer. Dengan pengaruh yang mereka miliki terhadap masyarakat yang luas membuat bekerjasama dengan mereka adalah hal yang seksi dilakukan para pebisnis dalam meningkatkan familiaritas orang akan produk mereka.

Akan tetapi penggunaan jasa influencer bukanlah perkara yang mudah, pertama kita harus menyesuaikan budget pemasaran yang kita miliki dengan tarif jasa mereka yang pastinya cukup mahal, terlebih untuk sekaliber artis kenamaan, bisa dibayangkan betapa mahal tarif mereka. Jadi untuk menyiasatinya kamu harus menyesuaikan tarif influencer dengan budget pemasaran yang kamu miliki. Jika tidak mempunyai dana yang besar kamu bisa kok bekerjasama dengan para sosialita ataupun selebgram yang mempunyai followers yang banyak namun tarif mereka dapat dikatakan lebih terjangkau

Kedua kamu juga harus menyesuaikan persona dari influencer dengan produk bisnis kamu, paling tidak iya pernah menggunakan ataupun mengkonsumsi produk yang sejenis dengan produk kamu.

5. Berikan Reward ataupun Promo

Kamu juga harus sadar bahwa kamu sedang pada tahap membangun usaha, untuk itu kamu wajib banget rasanya memberikan promo, potongan harga yang menarik ataupun sekedar giveaway terhadap Khalayak luas. Hal Ini bertujuan agar rasa penasaran dan ingin membeli produk kamu semakin tinggi. Kamu juga bisa memberikan cashback untuk pembelian dalam jumlah yang masif. Dengan memberikan reward secara berkala, akan menjauhkan stigma pelit terhadap produk bisnis kita.

Baca juga: Wajib Tahu! Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Demikianlah artikel Pembahasan mengenai cara meningkatkan brand awareness terhadap suatu produk bisnis, semoga tips dari kami ini dapat membantu kamu dalam membangun brand awareness terhadap produk bisnis yang sedang kamu bangun.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!