kue khas lebaran

Share This Post

Salah satu momen lebaran yang paling dikangenin pastinya hadirnya aneka kudapan khas yang biasanya hanya hadir saat hari raya lebaran tiba. Salah satu kudapan yang pastinya ada diatas meja adalah kue kering. Kue kering adalah kue khas lebaran yang selalu berjejer di ruang tamu untuk disajikan kepada orang yang menjamu rumah kita untuk bersilaturahmi.

Tapi tahukah kamu? kue khas lebaran tersebut memiliki jenis yang sangat beragam dan sejarah yang panjang untuk menjadi makanan yang wajib ada saat lebaran. Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan daftar jenis kue kering dan sejarahnya sehingga menjadi kue khas lebaran setiap tahunnya.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat Buat Tubuh

Sejarah Kue Kering Saat Perayaan Hari Raya

Kue kering adalah makanan ataupun Camilan yang sangat erat keberadaanya ketika hari raya lebaran. Namun, menurut sejarah pada awalnya kue Khas lebaran yang satu ini bukanlah kudapan utama. Melainkan makanan seperti rengginang, kue apem, tape hingga opak yang menjadi santapan favorit lebaran pada masanya.

Kue Kering Dikenalkan Pada Masa Kolonialisme Belanda  

Masa penjajahan belanda menjadi cikal bakal kue kering masuk ke Indonesia. Kue kering dalam kebudayaan eropa merupakan makanan yang sering disantap oleh para bangsawan. Selain itu, kue kering juga sering disantap ketika suatu perayaan sedang berlangsung di eropa.

Bahkan salah satu kue kering yang menjadi primadona ketika hari raya yaitu kue nastar adalah kue yang sebenarnya berasal dari belanda, akan tetapi orang indonesia memodifikasi makanan tersebut yang awalnya memiliki selai yang berbahan blueberry, akan tetapi blueberry sangat sulit ditemukan di indonesia sehingga nanas menjadi pilihan bahan selai yang digunakan bahkan hingga sekarang.

Kata nastar itu sendiri diambil dari bahasa belanda juga lho yang terdiri kata “ Ananas” yang memiliki arti nanas dan “Taart” yang memiliki arti pai ataupun tart jadi di dalam bahasa belanda nastar memiliki arti pai nanas. Tak hanya kue nastar saja yang berasal dari belanda, kue khas lebaran lainnya seperti seperti kue lidah kucing dan putri salju sebenarnya adalah makanan yang berasal dari negeri kincir angin juga.

Cikal Bakal Kue Kering Khas Indonesia

Dengan banyaknya varian kue kering yang dibawa orang belanda pada masa penjajahan belanda, membuat orang indonesia mencoba membuat kue kering dengan bahan yang khas indonesia yang lebih terjangkau dibandingkan kue kering dari eropa yang cukup mahal pada masanya. Jenis kue kering yang dibuat orang indonesia pada masa itu seperti kue kembang goyang, kue bilinjo, kue semprong hingga kue untir untir. Kini kue tersebut menjadi kue khas lebaran yang tak kalah dengan kue kering yang berasal dari eropa.

7 Kue Khas Lebaran Populer

Lebaran kurang lengkap tanpa hadirnya kue Khas lebaran di tengah silaturahmi antar sanak saudara. Biasanya banyak sekali varian kue yang terhampar untuk dicicipi bersama orang tercinta. Berikut kami akan membagikan daftar 7 kue khas lebaran.

1.Kue Nastar

Kalau ada toples pertama yang sudah kosong pada hari raya pertama besar kemungkinan itu kue nastar. Kue Nastar adalah kue yang terbuat dari perpaduan antara tepung terigu, gula halus, mentega, telur, dan selai nanas. Kue ini biasanya berbentuk bola kecil dan memiliki isi selai nanas yang manis. Kue Nastar memiliki rasa yang sangat nikmat dan menjadi salah satu kue favorit selama Lebaran, maka tak heran kue ini bisa hilang dengan sekejap ketika sedang berkumpul dengan keluarga.

2. Kue Putri Salju

Tak kalah tenar dengan kue nastar, kue putri salju adalah kue yang terbuat dari campuran adonan antara tepung terigu, tepung maizena, gula halus, dan mentega. Kue ini biasanya berbentuk bundar kecil dan diselimuti dengan gula halus yang menyerupai salju. Kue Putri Salju memiliki rasa yang renyah dan manis.

3. Kue Kaastengels

Berbeda dengan kue nastar, kue yang satu ini bisa sangat awet ditoples karena beneran sepi peminat. Kue Kaastengels adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, keju cheddar, dan mentega. Kue ini biasanya berbentuk segitiga atau jari-jari dan memiliki rasa yang gurih dan renyah. Kue Kaastengels sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan penutup atau sebagai camilan di pagi atau sore hari.

4.Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula halus, telur, dan mentega. Kue ini biasanya berbentuk pipih dan memanjang seperti lidah kucing. Kue Lidah Kucing memiliki rasa yang renyah dan manis membuat kamu nagih terus pastinya.

5. Kue Kembang Goyang 

Kue ini mempunyai bentuk yang cukup unik,karena sekilas terlihat berbentuk bunga. hal ini dikarenakan kue kembang goyang dimasak dengan adonan yang dicetak berbentuk bunga dan digoyang hingga adonan terlepas pada cetakan. Kue ini memiliki rasa perpaduan antara manis dan renyah.

6. Kue Semprit

Kue semprit biasanya berbentuk bunga dan memiliki taburan gula halus di atasnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, dan telur. Kue ini memiliki kontur yang tidak terlalu keras sehingga mempunyai kerenyahan yang sangat baik.

7. Kue Keciput

Kue yang satu ini memiliki bentuk seperti onde onde, hal ini dikarenakan taburan biji wijen pada permukaan kue. Meski ukuran kue keciput termasuk kecil akan tetapi rasa yang diberikan cukup guruh dan karena proses masaknya yang digoreng membuat kue ini juga memiliki sensasi gurih yang kuat.

Demikianlah Informasi dari kami mengenai 7 kue Khas lebaran yang terpopuler saat lebaran, kue diatas wajib banget kamu cicipi jika kamu sedang bersilaturahmi dengan sanak saudara ataupun orang tersayang lainnya.  

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!