cara mengatasi bau mulut saat puasa

Share This Post

Bau mulut memang menjadi masalah yang kerap mengganggu ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini membuat mereka yang mengalami menjadi tidak percaya diri dalam berinteraksi karena perasaan orang-orang sekitar yang tidak nyaman dengan aroma tidak sedap yang keluar dari mulutnya saat berbicara. 

Nah, buat kamu yang merasakan keluhan yang sama seperti di atas, tenang, kami punya tips mengenai cara mengatasi bau mulut saat puasa supaya kamu tetap pede beraktivitas di bulan puasa.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat Buat Tubuh

Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa

Salah satu penyebab bau mulut saat puasa adalah karena tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama sehari penuh,  sehingga produksi air liur di dalam mulut menjadi berkurang. 

Padahal, air liur memiliki kandungan enzim anti-bakteri alami yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan di rongga mulut. 

Ada 7 (tujuh) cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa, diantaranya: 

1. Sikat Gigi setelah Berbuka dan Sahur

Menurut Islam, memasukkan sesuatu ke dalam mulut saat berpuasa hukumnya adalah makruh. Oleh karena itu, sikat gigi sebaiknya dilakukan saat setelah berbuka puasa dan setelah menyantap sahur. 

Cara ini efektif untuk mengatasi bau mulut saat puasa, karena menyikat gigi setelah berbuka dan sahur dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan anti bakteri agar hasilnya maksimal. 

2. Berkumur-kumur dengan Mouthwash

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa tidak cukup hanya dengan sikat gigi. Kamu juga perlu berkumur menggunakan mouthwash agar bakteri-bakteri yang masih terselip karena sulit dijangkau sikat gigi dapat hilang.

Selain itu, mouthwash memiliki kandungan yang bisa menyegarkan napas, sehingga cara ini cukup ampuh membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut saat berpuasa.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Saat sahur dan berbuka, pastikan kamu banyak mengonsumsi air putih. Mulut yang kering dapat menimbulkan aroma tidak sedap saat berbicara. 

Sehingga, cara ini dapat mengatasi bau mulut saat puasa, karena dengan asupan air yang cukup akan meningkatkan produksi air liur dan menjaga kelembapan mulut.

4. Hindari Konsumsi Makanan Berbau saat Sahur

Sebisa mungkin hindari makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih, bawang bombai, atau jengkol. Beberapa makanan tersebut dapat memperburuk bau tidak sedap pada mulut saat puasa. 

Sebaiknya konsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan. Cara ini selain dapat mengatasi bau mulut saat puasa, juga dapat menambah energi dan membuat perut tidak mudah lapar.

5. Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah yang mengandung vitamin C mampu meningkatkan produksi air liur. Sehingga apabila produksi air liur berjalan baik, maka masalah mulut kering penyebab bau mulut saat puasa pun akan teratasi.

Tidak hanya itu, air liur juga berfungsi untuk membilas asam yang berasal dari bakteri mulut ketika proses pembusukan makanan. Dengan begitu, masalah bau mulut saat berpuasa menjadi lebih terkendali.

6. Hindari Makanan atau Minuman Berkadar Gula Tinggi

Makanan dan minuman berkadar gula tinggi bisa menjadi penyebab bau tidak sedap pada mulut, karena ketika menempel di gigi akan menjadi santapan bagi bakteri penyebab bau mulut. 

Jadi, sebaiknya hindari makanan atau minuman berkadar gula tinggi saat berbuka dan sahur agar dapat mengatasi bau mulut ketika berpuasa.

7. Jangan Tidur Terlalu Lama

Cara terakhir dalam mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan tidak tidur dalam waktu yang lama. Tidur terlalu lama menjadi pemicu dari bau tidak sedap yang ada pada mulut.

Sehingga, lebih baik waktu tidur saat puasa digunakan dengan secukupnya dan pergunakan waktu lainnya untuk memperbanyak ibadah ataupun melakukan kegiatan lain yang lebih produktif. 

Baca Juga: Catat! 8 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat supaya Terhindar dari Penyakit

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut saat puasa. Memang tidak akan sepenuhnya melindungi diri dari bau mulut. Namun dengan melakukan tindakan pencegahan, kamu dapat mengurangi risiko penyebab bau mulut saat menjalankan puasa. 

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!