cara diet yang ampuh

Share This Post

Terdapat beberapa cara diet yang ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satunya selain dengan menjaga pola makan, adalah dengan rutin berolahraga dan memastikan waktu tidur cukup.

Banyak orang melakukan diet dengan hanya mengurangi porsi makanan dan menghindari makanan-makanan tertentu. Bahkan tak jarang diantaranya mengurangi porsi makan secara ekstrem yang berakibat pada menurunnya kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, penting hukumnya untuk mengetahui dan memahami tentang cara diet yang tepat agar proses penurunan berat badan tidak berujung pada datangnya penyakit.

Baca Juga: Catat! 8 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat supaya Terhindar dari Penyakit

Beberapa Cara Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin memprogram penurunan berat badan, berikut kami sajikan beberapa cara diet yang ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Makan dengan Teratur

Makanlah makanan bergizi seimbang secara teratur. Hal ini dapat membantu kamu membakar kalori lebih cepat karena waktu makan yang teratur. 

Selain itu, kamu juga dapat mengurangi godaan untuk mengemil makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi. Dengan begitu, program diet untuk menurunkan berat badan akan mudah dilakukan. 

2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Cara diet kedua yang ampuh menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu otomatis akan mengurangi porsi makanan.

Adapun makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Silahkan konsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur supaya membantu menurunkan berat badan.

3. Kurangi Konsumsi Minuman Manis

Kemudian jangan lupa juga untuk mengurangi konsumsi minuman manis. Minuman berkadar gula tinggi dapat membuat penumpukkan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, supaya diet ampuh menurunkan berat badan, kamu perlu mengurangi konsumsi minuman manis agar mengurangi lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh.

4. Makan dalam Porsi Kecil

Saat mengambil makanan, pastikan kamu mengambilnya dalam jumlah porsi yang kecil. Gunakanlah piring atau mangkuk kecil supaya kamu terbiasa makan dengan porsi sedikit, sehingga mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

5. Konsumsi Air sebelum Makan

Dikutip dari Alodokter, menurut penelitian mengonsumsi air sebelum makan bisa menjadi cara diet yang ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Meminum air sebelum makan dapat membuat perut menjadi lebih cepat kenyang, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih akan berkurang.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi air ketika merasa lapar. Terkadang rasa haus muncul menyerupai rasa lapar. Jadi, alih-alih langsung mengonsumsi makanan ketika lapar,  lebih baik mengonsumsi air putih terlebih dahulu supaya mengurangi jumlah asupan kalori.

6. Tak Perlu Menghindari Makanan Tertentu

Dalam melakukan diet, hal yang paling penting untuk diingat adalah kamu tidak perlu menghindari makanan tertentu. Semakin kamu mencoba menjauhi makanan tersebut, maka keinginan kamu untuk mengonsumsimnya akan semakin besar. 

Kuncinya agar diet ampuh menurunkan berat badan adalah bukan menjauhi, tetapi membatasi konsumsi makanan tertentu. Misalnya, kamu bisa membeli kue kering dengan jumlah satuan daripada satu toples.

7. Tidur yang Cukup

Cara diet yang ampuh dan tidak kalah penting adalah memastikan waktu tidur cukup. Banyak orang mengabaikan hal ini ketika sedang menjalani program diet. 

Kurangnya waktu tidur dapat membuat produksi hormon ghrelin meningkat yang merangsang nafsu makan. Sehingga efeknya akan membuat kamu menjadi ingin mengonsumsi makanan-makanan berkalori tinggi. 

Dengan begitu, maka cara-cara diet yang telah kamu lakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia dan program yang kamu susun pun menjadi berantakan.

8. Rutin Berolahraga

Cara diet yang ampuh terakhir untuk membantu menurunkan berat badan adalah rutin berolahraga. Selain menjaga pola makan, kamu juga harus rutin berolahraga agar dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Selain itu, dengan berolahraga kamu juga akan membuat tubuh menjadi tetap bugar dan sehat meski sedang menjalani program diet.

Baca Juga: Hindari Penuaan Dini Dengan 5 Cara Agar Awet Muda Secara Alami Satu Ini

Itulah beberapa cara diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menjadikan cara-cara di atas sebagai bagian dalam menjalani pola hidup sehat. 

Pastikan nutrisi penting untuk tubuh tetap terpenuhi dengan baik dan sebisa mungkin jangan tergoda dengan beraneka ragam cara diet cepat yang mengesampingkan aspek kesehatan. 

Perlu diingat bahwa diet yang sukses adalah yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang, bukan hanya jangka pendek. Oleh karena itu, penting untuk memilih cara diet yang sesuai dengan gaya hidup dan preferensi kamu.

Agar lebih aman, lebih baik saat menjalankan program diet kamu juga berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi supaya diet tetap sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!