keutamaan sahur

Share This Post

Keutamaan Sahur – salah satu momen yang paling ditunggu dalam bulan suci ramadhan adalah momen berkumpulnya keluarga untuk melakukan makan bersama sebelum waktu subuh tiba. Akan tetapi sahur yang dilakukan pada dini hari membuat banyak dari kita melewatkan sahur secara tanpa kita sadari karena mungkin ketiduran. Meski begitu jika kamu tidak melaksanakan sahur, jangan khawatir puasa kamu tidak sah ya. Karena pada dasarnya tidak ada kewajiban dalam melaksanakan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa. Tapi jika kita melakukan sahur keberkahan yang akan kita dapat dalam melaksanakan ibadah puasa akan semakin sempurna.

Dengan mengetahui keutamaan sahur yang akan kami bahas lebih lanjut dibawah ini, supaya kamu makin semangat untuk melaksanakan Sahur di pada pagi hari.

Baca juga: 5 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Yang Ditunggu Umat Islam

Apa sih Sahur Itu ?

Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh umat Muslim menjelang waktu fajar pada bulan Ramadhan. Saat berpuasa, sahur sangat penting untuk memberikan energi yang cukup sehingga tubuh tetap sehat dan bertenaga selama puasa. Sahur memiliki fungsi utama untuk memberikan tenaga  pada tubuh seorang yang melaksanakan ibadah puasa. Sahur. Dalam sahur kamu juga akan mendapatkan keberkahan meski hanya meneguk segelas air saja.

Keutamaan Sahur Pada Bulan Ramadhan

Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum terbit fajar saat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Saat puasa, sahur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh untuk berpuasa sepanjang hari. Berikut adalah beberapa keutamaan sahur secara kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Kegiatan sahur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebelum berpuasa. Saat sahur, tubuh dapat memperoleh asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sejak awal, maka tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Jadi jika kamu memiliki aktivitas yang padat setiap harinya pastikan kamu melakukan makan sahur dengan makanan yang bergizi supaya dapat mencukupi segala kebutuhan vitamin tubuh kamu.. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Sahur juga berperan dalam menjaga kadar gula darah. Saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan atau minuman selama beberapa jam. Jika tubuh tidak mendapatkan sahur, maka kadar gula darah akan menurun dan bisa membuat tubuh merasa lelah dan lemas. Dengan sahur, tubuh dapat memperoleh asupan makanan dan minuman yang cukup untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Sahur juga berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama berpuasa. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat sahur, maka tubuh akan mendapatkan asupan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika kamu tidak melaksanakan sahur tubuh akan terasa lemas sepanjang hari dan akan lebih gampang untuk mengantuk dan produktivitas kamu pastinya akan terganggu.

4. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Sahur juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat sahur, maka tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan organ tubuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang bisa mengganggu kesehatan tubuh selama berpuasa. Dengan melakukan puasa berat badan juga akan menurun sehingga bentuk tubuh ideal yang kamu inginkan akan terbentuk jika melakukan ibadah puasa.

5. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sahur juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan. Dengan memperoleh energi yang cukup saat sahur, maka tubuh akan merasa lebih segar dan bugar saat menjalankan ibadah seperti sholat tarawih, membaca Al-Quran, dan ibadah lainnya. Hal ini dapat meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Allah menjanjikan keberkahan kepada seorang yang melakukan makan sahur pada bulan ramadhan. 

Sunnah Sahur Dalam Bulan Ramadhan

Sunnah melakukan sahur adalah salah satu praktik sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Sahur adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi pada waktu dini hari menjelang terbitnya fajar, sebelum waktu imsak atau waktu yang ditetapkan untuk berpuasa.

Rasulullah SAW dan para sahabatnya seringkali melakukan sahur sebelum berpuasa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan sahur, di antaranya:

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, “Makan sahurlah, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad)

Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah bersabda, “Puasa itu tidaklah diterima oleh Allah dari seseorang yang tidak makan sahur.” (HR. Ahmad)

Dalam kesimpulannya, sahur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat sahur, maka tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari dan meningkatkan kualitas ibadah selama bulan suci ramadhan.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!