keutamaan bulan suci ramadhan

Share This Post

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan – bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh segenap umat muslim yang ada di seluruh dunia. Betapa tidak, karena di bulan yang berkah inilah pintu pahala dibukakan sebesar besar nya untuk setiap umat muslim yang ada di seluruh dunia. Apapun kebaikan yang kita perbuat pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT, bahkan jika kita dapat mengoptimalkan ibadah dan juga amalan kebaikan pada bulan suci ini, niscaya segala bentuk dosa kita akan terampuni ketika hari kemenangan tiba.

Maka dengan kesempatan datangnya bulan suci ramadhan kali ini, marilah kita untuk menegakkan fastabiqul khairat atau berlomba dalam kebaikan dan melakukan ibadah sebaik baiknya tak terlepas mau itu bersifat wajib ataupun sunnah. Dalam mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam menyambut bulan ramadhan kali ini, rasanya kamu perlu mengetahui Keutamaan bulan suci ramadhan agar kamu semakin hikmat dalam menjalani ibadah puasa pada tahun ini.

Baca Juga: Catat! Perkiraan Awal Puasa Dan Lebaran Pada Tahun 2023

Persiapan Diri Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan 

Tanpa terasa Bulan Ramadhan sudah berada tepat di depan mata kita, supaya ibadah puasa kita semakin maksimal pada tahun ini, rasanya kita wajib banget mempersiapkan diri dan mental demi mendapatkan berkah keutamaan bulan suci ramadhan dan menjadi sosok yang lebih beramal baik ketika bulan ramadahan nantinya usai. Berikut adalah hal yang perlu dipersiapkan oleh diri kamu dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Mental dan Spiritual

Sebelum menghadapi bulan Suci Ramadhan, rasanya penting buat kita untuk mempersiapkan mental dan spiritual kita. Hal ini juga termasuk meningkatkan amalan ibadah sebelum Ramadhan dimulai, seperti meningkatkan frekuensi shalat, membaca Al-Quran, berdzikir dan bersedekah. Hal ini pastinya sangat membantu kita lebih siap secara mental dan spiritual untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jadi jangan hanya menunggu bulan ramadhan tiba untuk rajin beribadah, mulailah melatih diri kamu dengan melakukan ibadah setiap harinya.

Persiapan Fisik

Kondisi fisik juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi bulan Ramadhan. Ini termasuk meningkatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi ataupun rutin untuk mengkonsumsi suplemen vitamin sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kita juga perlu berolahraga ringan secara teratur dan mengkonsumsi banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan kondisi fisik yang prima kita dapat melakukan ibadah dengan lebih Khusyuk dalam bulan suci ramadhan.

Merapikan Lingkungan

Kita perlu mempersiapkan lingkungan sekitar kita untuk menyambut bulan Ramadhan. Ini termasuk membersihkan rumah dan mempersiapkan tempat untuk melakukan ibadah di rumah seperti tempat shalat dan membaca Al-Quran. Kita juga perlu berbicara dengan anggota keluarga tentang pentingnya bulan Ramadhan dan bagaimana mereka dapat membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa. Semua itu kita lakukan agar kita semakin semangat untuk melakukan ibadah selama bulan yang berkah ini.

Pastikan Finansial Memadai

Meski pada bulan ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa jangan pikir pengeluaran kamu akan berkurang, malahan bukanlah suatu yang mengherankan pengeluaran kamu akan jauh meningkat yang dikarenakan pada bulan puasa biasanya harga kebutuhan pokok juga jadi meningkat. Dan pada bulan ramadhan kita juga harus memberikan zakat untuk orang yang kurang mampu, supaya mereka dapat merayakan juga hari kemenangan. Dengan mempersiapkan Kebutuhan Finansial kamu dengan matang pastinya akan membantu kita untuk lebih mudah dalam melakukan amalan kebaikan dan membantu sesama di bulan Ramadhan.

Persiapkan Jadwal Ibadah Dengan matang

Kita juga perlu mempersiapkan jadwal ibadah kita sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini juga termasuk menyesuaikan jadwal kerja dan aktivitas lain agar tidak mengganggu pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kita juga perlu menentukan jadwal untuk melakukan ibadah-ibadah tertentu seperti tarawih dan i’tikaf. Dengan mempersiapkan jadwal ibadah kita dengan matang kita dapat lebih optimal lagi dalam melakukan ibadah pada bulan suci ramadhan.

5 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan 

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu kehadirannya oleh segenap umat muslim yang berada di seluruh dunia. Bulan yang banyak dijadikan sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri dengan yang maha kuasa dan menjadi titik balik keimanan para muslimin untuk menjadi yang lebih baik. Tentu saja banyak lagi manfaat kehadiran bulan puasa bagi umat muslim, berikut kami berikan 5 keutamaan bulan ramadhan yang sangat ditunggu umat muslim.

1. Menambah dan Meningkatkan Kualitas Ibadah

Bulan Ramadhan memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka, terutama ibadah puasa. Dengan melakukan Puasa pastinya akan membantu umat Muslim untuk meningkatkan kesadaran spiritual mereka dan mengendalikan hawa nafsu. Selain itu, pada bulan Ramadhan, umat Muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan amalan ibadah lainnya seperti shalat Wajib dan sunnah, membaca Al-Qur’an, dan memberikan sedekah terhadap kalangan yang tidak mampu. Jadi selama bulan ramadhan usahakan untuk melakukan segala bentuk ibadah, karena bulan ramadhan hanya datang sekali saja dalam satu tahun.

2. Semakin Mendekatkan Diri Dengan Allah SWT

Bulan Suci Ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT. Puasa dan ibadah lainnya membantu umat Muslim untuk semakin dekat dengan Allah SWT dan merasakan kehadiran beliau. Dalam bulan suci ini, Allah SWT memberikan rahmat dan pintu ampunan-Nya secara lebih berlimpah, sehingga sangat disayangkan bagi umat muslim jika tidak memanfaatkan kesempatan yang satu ini. 

3. Menciptakan Rasa Empati dan Kepedulian Terhadap Sesama

Puasa di bulan Ramadhan juga membantu umat Muslim untuk mengembangkan rasa empati dan keprihatinan terhadap orang lain yang kurang beruntung. Selama bulan Ramadhan umat muslim sangat dianjurkan untuk lebih giat bersedekah, supaya mereka yang berkekurangan dapat merasakan keberkahan bulan ramadhan sama dengan kita. Selain membantu secara kehidupan sosial, kita juga akan mendapatkan balasan pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Dengan sering bersedekah pada bulan suci, akan membuat kepedulian kamu dengan sesama akan jauh lebih baik lagi, Mau itu dengan umat muslim ataupun umat agama lainnya.

4. Fisik dan Mental Menjadi Lebih Sehat

Puasa juga memiliki manfaat kesehatan bagi umat Muslim. Puasa membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak sehat, serta membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan nutrisi. Berat tubuh pun juga akan menyusut mengingat kamu melakukan puasa disaat beraktivitas, jadi puasa bisa juga menjadi latihan kardio jika kamu ingin menurunkan berat badan.

5. Mempererat Hubungan Keluarga 

Bulan Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan keharmonisan keluarga. Puasa dan ibadah lainnya dapat menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengendalikan emosi dan meningkatkan kesabaran, sehingga dapat membantu mengurangi konflik di antara anggota keluarga. Hal itu tak lepas dari tuntutan orang berpuasa yang harus menjaga kesabaran dan juga membuka pintu maaf terhadap keluarga ataupun semua orang secara general. 

Demikianlah Artikel Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan yang telah kami berikan, semoga dengan informasi dari artikel ini kamu dapat semakin siap dan bersemangat dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, karena banyak sekali manfaat yang membuat diri kamu sebagai manusia ataupun hamba Allah SWT akan menjadi lebih baik lagi.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!