amalan menyambut bulan ramadhan

Share This Post

Ramadhan sebentar lagi! Sebelum waktunya tiba, ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan 2023.

Seperti yang kita tahu, Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam yang merupakan bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Kesucian bulan Ramadhan ini tidak terlepas dari kemuliaan dan keberkahan yang ada di dalamnya.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW:

“Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan,” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Catat! Perkiraan Awal Puasa Dan Lebaran Pada Tahun 2023

Amalan Menyambut Bulan Ramadhan

Inilah beberapa amalan menyambut bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim, diantaranya:

1. Meningkatkan Iman dan Taqwa

Amalan menyambut bulan Ramadhan bisa kamu mulai dengan meningkatkan iman dan taqwa. Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan rajin membaca Al-Quran, memperbanyak shalat sunnah, dan amalan-amalan lain yang dianjurkan dalam Islam.

Bahkan dalam kitab Lathoiful Ma’arif Ii Ibni Rojab, disebutkan bahwa bahwa Amru bin Qois Al Mala-i ketika waktu sudah memasuki bulan Syaban, beliau menutup tokonya untuk memulai fokus membaca Al-Qur’an. 

Ini tentunya dapat menjadi salah satu amalan yang bisa kamu lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan.

2. Membersihkan Diri dari Dosa

Amalan menyambut bulan Ramadhan selanjutnya adalah membersihkan diri dari dosa. Jelang Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak istigfar dan bertaubat kepada Allah SWT agar dapat menjalani ibadah di bulan suci dengan hati dan pikiran yang bersih.

Bertaubat dapat membuat diri menjadi terasa dekat dengan Yang Kuasa. Sehingga cara ini sangat dianjurkan agar ibadah selama di bulan suci Ramadhan dapat dijalani secara maksimal.

3. Berziarah Kubur

Amalan menyambut bulan Ramadhan lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah berziarah kubur. 

Mengirim doa untuk para orang tua, kerabat, dan orang-orang lain yang telah dahulu menghadap ke Sang Pencipta merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam.

Seperti yang diriwayatkan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah SAW saat memakamkan ibu dari sahabat Ali, Fatimah binti Asad, beliau berdoa:

“Ya Allah dengan hakku dan hak-hak para nabi sebelumku, Ampunilah dosa ibuku setelah Engkau ampuni ibu kandungku,” (HR. Thabrani, Abu Naim, dan al-Haitsami).

4. Perbanyak sedekah

Bersedekah adalah amalan yang juga sangat dianjurkan dalam Islam. Memperbanyak sedekah jelang bulan Ramadhan tentu akan menambah keberkahan bagi umat Muslim.

Amalan menyambut bulan Ramadhan ini perlu untuk dilakukan agar ibadah di bulan suci dapat dilakukan dengan penuh ketulusan.

5. Membayar Utang Puasa Ramadhan

Membayar utang puasa Ramadhan tahun sebelumnya adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Jelang datangnya bulan suci, amalan menyambut bulan Ramadhan ini sangat perlu untuk dilakukan.

Utang puasa Ramadhan dapat dilunasi sebelum berakhirnya bulan Syaban. Sehingga ada baiknya jika kamu memiliki utang puasa, agar dilunasi sebelum tibanya hari pertama puasa Ramadhan.

6. Menjalin Silaturahmi

Membangun dan mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, teman, dan kerabat menjadi amalan menyambut bulan Ramadhan yang tak kalah penting untuk dilakukan.

Sebelum masuknya bulan suci, alangkah lebih baik terlebih dahulu membersihkan hati, lahir, dan batin dengan saling bermaaf-maafan kepada para kerabat. 

Hal ini dilakukan supaya ibadah di bulan Ramadhan dapat dijalani dengan ikhlas tanpa menyimpan perasaan tidak enak sedikitpun kepada orang lain.

Dalam surah Al-Baqarah ayat 178 pun Allah telah berfirman bahwa:

“Barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula0. Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih,” (Q.S. Al-Baqarah: 178)

7. Membiasakan Berpuasa

Amalan menyambut bulan Ramadhan terakhir adalah membiasakan diri dengan berpuasa. Cara ini berguna agar ketika bulan Ramadhan tiba, tubuh tidak kaget ketika diajak berpuasa sejak matahari terbit hingga terbenam.

Kamu bisa membiasakan diri berpuasa dengan menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan Syaban. Memperbanyak puasa di bulan Syaban pun merupakan salah satu amalan dalam menyambut bulan suci Ramadhan,

Abu Salamah RA pernah bercerita bahwa Rasulullah SAW pernah berpuasa selama sebulan full untuk menyempurnakan ibadahnya.

“Aku bertanya kepada Aisyah RA tentang puasa Rasulullah SAW. Ia menjawab, ‘Rasulullah SAW berpuasa sampai-sampai kami berkata Beliau benar-benar berpuasa dan Beliau juga tidak terbuka sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar telah berbuka. Dan aku tidak pernah melihat Beliau berpuasa pada bulan Syaban. Yakni, Beliau SAW berpuasa pada bulan tersebut hampir seluruhnya (sebulan full),” (HR. Muslim, Nasa’i, dan Ahmad).

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa umat Muslim dilarang menjalankan puasa sunnah pada satu atau dua hari sebelum datangnya bulan Ramadhan, kecuali ia memang sudah membiasakan sebelumnya. Ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW:

“Jangan kamu dahului Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang memuaskan puasa tertentu, maka ia boleh meneruskan puasanya,” (Hadits Shahih, riwayat Bukhari: 1781 dan Muslim: 1812. Teks hadits riwayat al-Bukhari).

Baca Juga: Subhanallah! Ini Dia 7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Itulah beberapa amalan menyambut bulan Ramadhan yang bisa kamu terapkan. Mari kita sambut bulan suci dengan penuh kebaikan dan hati yang tulus dalam menjalani setiap ibadah. Marhaban ya Ramadhan!

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!