apa itu email marketing

Share This Post

Apa Itu Email Marketing – dengan hadirnya teknologi internet membuat seluruh aspek dalam sebuah pekerjaan harus mengikuti perkembangannya. Termasuk juga untuk marketing, teknik marketing sebuah produk ataupun jasa yang dulunya memanfaatkan teknik memasarkan barang per orang dan banner iklan yang cukup konvensional kini berubah dengan kehadiran Digital Marketing yang memungkinkan kita untuk meraih audiens yang jauh lebih luas.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Content Writer dan Copywriter dalam Content Marketing

Pengertian dan Cara Kerja Email Marketing

Salah satu cara memasarkan barang yang menggunakan teknik Digital Marketing adalah email marketing, yang merupakan proses pengiriman pesan promosi atau informasi lainnya melalui email kepada kumpulan pelanggan atau prospek yang telah memilih untuk menerima pesan dari Anda. Email marketing adalah cara yang cukup efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

Cara kerja dari email marketing sebenarnya cukup sederhana kita hanya perlu mengirimkan promo, layanan gratis ataupun konten yang berasosiasi dengan produk yang kita ingin pasarkan. Konten yang dikirimkan pun tak harus selalu melulu bersifat hard selling, malahan email marketing lebih efektif pada soft selling yang lebih menitik fokus pada brand awareness.

Nah setelah kamu mengetahui pengertian dan juga cara kerja dari email marketing, dibawah ini kami akan membahas lebih dalam tentang apa itu email marketing.

Apa Sih Manfaat Email Marketing?

Dengan menggunakan platform berbasis digital seperti email marketing, kita dapat melakukan pemasaran produk ataupun jasa yang kita punyai lebih luas lagi. Hal ini dikarenakan sifat internet yang bisa diakses dari mana saja dengan perangkat keras yang bervariasi pula sehingga rasanya sulit suatu informasi tidak bisa diakses oleh seseorang. Berikut adalah manfaat email marketing dalam memasarkan produk ataupun jasa.

  1. Dapat menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan menurut data pada tahun 2023 sudah ada 4,3 miliar pengguna email yang tersebar hingga seluruh dunia.
  2. Faktanya ada sekitar 90 % persentase seseorang untuk membuka email setiap harinya.
  3. Biaya yang dikeluarkan cukup minimalis dan juga mempunyai impact yang lebih dahsyat dalam sisi penjualan dibandingkan marketing konvensional.
  4. Dengan perkembangan perangkat keras yang cukup cepat dan harga yang semakin murah dipasaran rasanya Perangkat apapun kini bisa mengakses email dengan sangat mudah.
  5. 86 % user mau menerima email marketing setidaknya 1 kali dalam sebulan.
  6. Lebih efektif jika dibandingkan dengan marketing yang menggunakan sosial media, hal ini dikarenakan sifat email yang lebih formal sehingga akan di check secara rutin dan juga dapat dipercaya dengan mudah oleh user.  

Strategi Mengembangkan Email Marketing

Supaya email marketing berjalan dengan optimal maka diperlukan strategi yang dapat melancarkan proses marketing tersebut. Berikut adalah strategi yang dapat kamu terapkan jika kamu memilih metode email marketing untuk memasarkan produk kamu.

1. Mengumpulkan Daftar Pelanggan

Anda harus memiliki daftar email pelanggan atau prospek yang telah memilih untuk menerima pesan dari Kamu. Kamu dapat membangun daftar ini dengan mengumpulkan email dari pengunjung situs web Kamu, mengumpulkan email pada acara atau promosi, atau membeli daftar email dari sumber yang terpercaya.

2. Memilih Platform Email Marketing Yang Tepat

Pilihlah platform email marketing yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Beberapa platform yang populer antara lain Mailchimp, Constant Contact, dan Campaign Monitor. Pastikan platform yang kamu pilih memungkinkan Kamu untuk mengirim email massal, mengukur kinerja kampanye Kamu, dan mematuhi peraturan GDPR dan CAN-SPAM Act.

3. Sampaikan Pesan Semenarik Mungkin

Pastikan pesan Kamu menarik, bermanfaat, dan relevan untuk pelanggan Kamu. Buat judul yang menarik, deskripsi yang ringkas, dan tautan yang jelas untuk tindakan lanjut. Jangan lupa untuk menambahkan opsi berlangganan dan opsi berhenti berlangganan dalam setiap pesan. Kamu juga dapat memasukkan sentuhan copywriting agar pesan yang kamu sampaikan semakin lebih menarik.

4. Kirim Pesan Secara Teratur

Kirim pesan secara teratur dan konsisten, tetapi jangan terlalu sering sehingga pelanggan Kamu tidak merasa terganggu. Kamu dapat mengirim pesan mingguan atau bulanan, tergantung pada jenis bisnis Kamu dan preferensi pelanggan Kamu.

5. Selalu Mengukur Kinerja Kampanye Anda

Selalu melakukan pengukuran kinerja terhadap kampanye Kamu secara teratur dan gunakan data yang diperoleh untuk meningkatkan kampanye Kamu di masa depan. Beberapa metrik yang penting untuk diukur termasuk tingkat pembukaan, tingkat klik, dan tingkat konversi.

6. Membangun Landing page 

Landing page sangat dibutuhkan dalam menunjukan kredibilitas dari bisnis yang kamu jalankan, sekarang bayangkan jika kamu melakukan email marketing dan ada seorang yang  tertarik akan produk kamu, maka kemungkinan besar akan mencari asal usul dari bisnis kamu apakah sebuah bisnis yang legit ataupun tidak. Jika kamu tidak mempunyai landing page akan berakibat cukup fatal. Karena orang akan mulai menganggap bisnis kamu mencurigakan dan parahnya mulai berasumsi bahwa email yang masuk dari kita hanyalah spam belaka, tentunya hal ini harus sangat dihindari.

7. Memakai Domain Relevan

Masih berbicara tentang kredibilitas selain harus membangun landing page, kamu juga wajib banget untuk untuk menggunakan domain yang relevan dengan produk kamu, jika kamu ingin mempromosikan produk dan jasa kamu bisa memakai .com, .tech,. Store Hingga .site dijamin deh jika kamu memakai domain tersebut maka orang akan lebih mudah menerima produk kamu ada pada email mereka.

Demikianlah artikel seputar apa itu email marketing, dengan adanya email marketing pastinya akan sangat membantu kita dalam memasarkan produk ataupun jasa yang kita punyai kepada audiens yang lebih global. Dengan jangkauan yang luas email marketing dapat membuat brand yang kita miliki semakin mudah untuk dikenali oleh masyarakat luas. 

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!