manfaat renang bagi kesehatan

Share This Post

Ada banyak manfaat renang bagi kesehatan. Olahraga satu ini memang menjadi salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang.

Selain karena biayanya terjangkau, berenang juga dapat menjadi sebuah pilihan kegiatan untuk menghabiskan liburan. Hal ini tidak terlepas dari salah satu manfaat renang yaitu dapat mengurangi stres. Tentunya sangat cocok buat kamu yang sedang dipusingkan dengan beberapa agenda pekerjaan ataupun lainnya.

Berenang juga bisa menjadi alternatif lain untuk berolahraga ketika kamu merasa bosan dengan rutinitas olahraga yang itu-itu saja, seperti jogging ataupun angkat berat. Dengan berenang, perasaan senang akan tercipta di diri kamu. Selain itu, renang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki peluang cedera yang minim.

Sehingga olahraga satu ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai sebuah metode untuk menyehatkan tubuh, tapi juga bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi.

Baca juga: Jangan Abai! Ketahui Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

Manfaat Renang bagi Kesehatan

Berenang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan memilih renang sebagai alternatif olahraga rutin, kamu dapat memperoleh manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Lantas, apa saja manfaat renang bagi kesehatan? Berikut diantaranya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat renang bagi kesehatan adalah bisa menghindarkan diri dari penyakit jantung dan paru-paru. Menurut artikel yang dimuat di Alodokter, sebuah penelitian ada yang menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Berdasarkan penjelasan tersebut, artinya berenang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, melainkan juga bila dilakukan secara rutin bisa berdampak baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung.dan stroke.

2. Membakar Kalori dalam Tubuh

Berenang selama kurang lebih satu jam dapat membakar 500-600 kalori. Setidaknya hal tersebut sebagaimana disampaikan Alodokter melalui artikelnya.

Dengan demikian maka berenang dapat menjadi opsi olahraga bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga ini juga bisa untuk mengecilkan perut, serta mengurangi lemak berlebih di perut dan bagian tubuh lainnya.

3. Membangun Massa Otot

Berbagai macam gaya atau gerakan dalam olahraga renang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Hal ini karena hampir seluruh otot tubuh dituntut untuk bergerak melawan tekanan di dalam air.

Sehingga tak heran bila berenang memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti untuk mengecilkan betis supaya tampak lebih kencang, serta membantu membentuk dan menguatkan otot dada.

4. Mengurangi Stres

Manfaat renang bagi kesehatan lainnya adalah dapat mengurangi pikiran stres. Seperti yang telah disinggung di awal, renang bisa menjadi alternatif dalam menghilangkan stres.

Menurut Alodokter, salah satu penelitian pernah menunjukkan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat kita menjadi lebih rileks.

Selain itu, renang juga bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi olahraga bagi rekan-rekan ataupun keluarga. Kejenuhan terhadap hiruk pikuk pekerjaan dan sekolah dapat terobati salah satunya dengan berenang.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berenang juga sangat bermanfaat lho buat kamu yang merasa mengalami gangguan tidur atau insomnia. Madih dari Alodokter, sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur para penderita insomnia.

Oleh sebab itu, olahraga renang patut untuk dicoba bagi kamu yang belakangan ini merasa sulit tidur.

6. Bantu Kurangi Nyeri Sendi

Manfaat renang bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu mengurangi nyeri sendi, sehingga olahraga renang sangat dianjurkan untuk penderita arthritis atau orang yang mengalami masalah pada sistem kekebalan tubuhnya.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa berenang secara rutin bagi penderita osteoporosis juga bermanfaat untuk menurunkan nyeri sendi.

7. Menaikkan Suasana Hati (Mood)

Berolahraga dapat melepaskan hormon endorfin di dalam tubuh yang akan meningkatkan suasana hati atau mood. Hal ini juga berlaku untuk olahraga renang yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu bisa menaikkan mood seseorang.

Oleh karena itu, olahraga satu ini sangat cocok dilakukan oleh kamu yang suasana hatinya sedang merenung. Karena dengan berenang, mood kamu akan otomatis naik dan suasana hati pun kembali ceria.

Cara Supaya Manfaat Renang Didapat dengan Maksimal

Meskipun renang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun hal tersebut tidak akan bisa didapat secara maksimal apabila penerapannya tidak dengan serius.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar mendapatkan manfaat renang dengan maksimal dikutip dari Alodokter, diantaranya:

  • Gunakan pakaian renang yang nyaman.
  • Gunakan juga kacamata renang bila perlu untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kemasukan air kolam yang memiliki kandungan klorin.
  • Lakukan pemanasan sebelum mulai berenang.
  • Pastikan kamu telah menyediakan konsumsi air minum untuk dikonsumsi di sela-sela waktu renang.
  • Setelah beranang, jangan lupa untuk melakukan pendinginan.

Jangan Malas! Begini Cara Menaikkan Motivasi untuk Berenang

Nah, kamu sudah mengetahui semua manfaat renang bagi kesehatan dan cara mendapatkannya secara maksimal. Namun ada lagi hal penting lainnya yang perlu kamu tanamkan dalam diri agar renang menjadi sebuah rutinitas.

Berikut ini kami sampaikan beberapa cara menaikan motivasi agar bisa meneruskan olahraga renang sebagai salah satu rutinitas, dikutip dari Kompas.com

1. Jadikan renang sebagai sebuah kebiasaan

Luangkan waktumu untuk berenang, setidaknya seminggu sekali agar kamu bisa mendapat manfaatnya dengan maksimal. Buat agendamu sendiri di kalender atau di telepon pintar, supaya kamu ingat dan disiplin dalam menjaga pola hidup sehat dengan berenang.

2. Berenang bersama-sama

Carilah teman, saudara, ataupun kerabat lainnya yang bisa diajak berenang bersama-sama. Biasanya orang cenderung malas berenang karena merasa tidak punya teman.

Dengan mengajak orang terdekat, kamu akan jadi bersemangat untuk berenang karena sudah merasa ada teman. Selain itu, renang juga cocok dijadikan sebagai olahraga rekreasi yang bisa dinikmati oleh keluarga, pasangan, ataupun teman-teman dekat.

3. Mengikuti klub renang

Cara satu ini juga boleh dicoba agar kamu semakin termotivasi dalam menjadikan renang sebagai olahraga rutinitas. Dengan mengikuti klub renang, mau tidak mau kamu harus mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh sang pelatih.

Sehingga tidak ada alasan bagi kamu untuk menunda-nunda jadwal renang, dan kamu pun dapat memperoleh manfaat renang bagi kesehatan secara maksimal.

Itu dia beberapa informasi seputar manfaat renang bagi kesehatan, cara mendapatkannya secara maksimal, dan bagaimana cara supaya renang menjadi olahraga rutinitas. Kesimpulannya, renang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Namun hal itu tidak bisa didapat secara maksimal apabila dalam penerapannya masih ditemui kemalasan dari dalam diri kamu.

Oleh sebab itu, lawan kemalasan itu dengan cara-cara di atas agar kamu bisa mendapat manfaat renang bagi kesehatan secara maksimal.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!