cara menghindari overthinking

Share This Post

Ketahuilah cara menghindari overthinking agar kamu tidak terbebani oleh pikiran-pikiran negatif yang sejatinya dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Meski terkesan spele, memikirkan sesuatu secara berlebihan atau biasa disebut overthinking itu, dapat sangat menguras energi kamu.

Selain itu, overthinking juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mental jika tidak disikapi secara serius. Hal ini sebagaimana dikatakan Forbes yang dikutip melalui laman Kompas.com.

Menurunnya kesehatan mental bisa membuat kita cenderung banyak berpikir tentang suatu hal. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menghindari kecenderungan overthinking tersebut agar kesehatan mental kita tetap terjaga.

Sementara itu menurut penuturan salah satu Psikolog UGM, Dr. Nida UI Hasanat, M. Si., Psikolog., yang dikutip dari Detik.com, overthinking dapat membuat seseorang yang mengalaminya terdistorsi karena itu membuat mereka tidak sedang berada dalam realitasnya.

Menurutnya, memikirkan sesuatu yang tidak ada di realitas dapat membuat seseorang yang memikirkannya bisa mengalami gangguan mental karena tidak bisa lagi membedakan antara realitas dengan yang sebenarnya baru ada dalam khayalan atau pikiran.

Tentunya agar tidak terjebak di lingkaran setan yang menyebabkan kita memikirkan suatu hal secara berlebihan berulang-ulang, ada baiknya kita mengetahui cara menghindari overthinking itu sendiri.

Baca juga: Hei Manusia Kalong Hati Hati! Inilah 5 Resiko Sering Begadang Hingga Larut Malam

Cara Menghindari Overthinking

Buat kamu yang merasa sulit keluar dari bayang-bayang pikiran berat yang terus-menerus menghantui, kami ada tipsnya nih agar kamu bisa menghindari kebiasaan overthinking.

Berikut ini kami sajikan delapan cara menghindari overthinking yang telah dirangkum dari beberapa sumber seperti Kompas, Detik, dan We Plus.

1. Menyadari Kebiasaan Overthinking

Cara menghindari overthinking yang pertama adalah kamu perlu menyadari terlebih dahulu tentang kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Kebiasaan tersebut terkadang tidak disadari oleh seseorang yang membuatnya terjebak di lingkaran setan.

Untuk keluar dari lingkaran tersebut, kamu harus menyadarinya dan mencoba untuk berhenti melakukan kebiasaan overthinking. Biasanya, kebiasaan ini dipicu ketika kamu sedang dihadapi oleh masalah-masalah tertentu.

Oleh sebab itu, cari tahulah kira-kira apa pemicu kebiasaan overthinking kamu, sebelum kemudian memulai untuk mencari cara penyelesaiannya.

2. Lawan Pikiran Negatif

Salah satu cara menghindari overthinking adalah bisa dengan melawan segala pikiran-pikiran negatif yang ada di benakmu. Pikiran-pikiran buruk sangat mudah membawa kita untuk terus memikirkannya. Padahal hal-hal buruk yang dipikirkan itu belum tentu akan terjadi.

Sehingga tanpa disadari kebiasaan overthinking telah membuat kita terjebak dalam situasi pikiran yang belum benar-benar terjadi. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk menyadari pikiran dan melawan pikiran-pikiran itu sebelum mereka benar-benar mengganggu.

3. Fokus Pada Penyelesaian Masalah

Kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan sangatlah tidak berguna tanpa memikirkan juga solusinya.

Salah satu cara menghindari kebiasaan tersebut adalah dengan menemukan jalan keluar dari suatu permasalahan yang kamu pikirkan.

Terkadang kita malah sering menanyakan kepada diri sendiri tentang hikmah apa yang dapat diambil dari masalah di masa lalu dan berpikir cara menghindari masalah tersebut di kemudian hari.

Namun kita hampir tidak pernah memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut agar tidak menjadi beban pikiran ke depannya.

4. Jangan Larut dalam Penyesalan

Janganlah terlalu larut dalam penyesalan atas masalah yang menghantuimu. Kebiasaan ini biasanya muncul saat kamu gagal menggapai sesuatu yang kamu idam-idamkan.

Tenggelam dalam penyesalan bisa berujung pada kebiasaan overthinking yang tentunya tidak berdampak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu kamu perlu bergerak maju atau move on dari masa lalu.

Memang bukan sesuatu yang mudah untuk melakukannya. Namun dengan terus berusaha memaafkan masa lalumu tersebut, dan menggunakannya sebagai motivasi untuk berbenah di kemudian hari, maka move on dari kegagalan bukan lagi hal yang mustahil.

5. Luangkan Waktu untuk Refleksi

Cara menghindari overthinking selanjutnya adalah bisa dengan meluangkan waktu sendiri untuk merefleksikan diri sejenak.

Dengan merefleksikan diri, kamu bisa dengan tenang merasakan kekhawatiran dan merenungkan hal apapun yang diinginkan, tanpa ada gangguan dari hal lain.

Akan tetapi, jangan berlarut dalam kesendirian agar kamu dapat melakukan sesuatu yang lebih produktif. Tentunya, hal ini bisa menjadi jalan keluar yang lebih mempunyai manfaat daripada berlarut dalam kesendirian yang tiada henti.

6. Bangun Suasana Pikiran Positif

Membangun suasana pikiran positif untuk menghindari overthinking dapat dilakukan dengan cara memberikan kata-kata afirmasi kepada diri sendiri, seperti “Tenang, semua akan baik-baik saja”, “Hal itu tidak seburuk yang saya pikirkan”.

Menurut Psikolog UGM yang diwawancara Detik.com, kata-kata afirmasi tersebut dapat membantu kamu dalam mengurangi overthinking.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti menekuni hobi atau berolahraga agar pikiran teralihkan ke hal-hal lain yang lebih menyenangkan. Tentunya hal tersebut dapat membantu kamu menghindari overthinking terhadap masalah-masalah yang kerap kali menghantuimu.

7. Lakukan Sesuatu yang Beda

Tidak jarang kebiasaan overthinking lahir akibat dari kejenuhan terhadap melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Perlu ada penyegaran agar dapat menghindari kebiasaan tersebut.

Selain menekuni hobi dan berolahraga yang telah disebutkan di atas, kamu juga melakukan sesuatu yang beda lainnya seperti pergi berlibur, menghabiskan waktu dengan keliling-keliling kota, ataupun melakukan kegiatan-kegiatan lain yang lebih produktif.

Dengan begitu, pikiran kamu akan terasa lebih segar daripada sebelumnya karena telah teralihkan dari masalah yang terus-terusan menghantuimu.

8. Minta Bantuan Orang Profesional

Jika semua cara menghindari overthinking sudah kamu coba namun tidak mendapat hasil yang signifikan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang profesional.

Dengan bantuan mereka, kamu dapat mengatasi masalah overthinking menggunakan alat-alat bantu yang mereka punya dan bisa mengubah pola pikir serta menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Kebiasaan overthinking harus terus dilawan dengan membangun pikiran-pikiran positif. Jika dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental kamu.

Gunakan cara-cara menghindari overthinking yang barusan kami sampaikan agar kamu bisa keluar dari lingkaran setan kebiasaan memikirkan hal-hal secara berlebih. Semoga bermanfaat ya!

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!