tips menjaga kesehatan di musim hujan

Share This Post

Musim hujan adalah salah Suatu musim yang ditemui oleh beberapa negara di seluruh dunia. Biasanya, musim hujan biasanya dimulai pada akhir musim panas dan berlangsung hingga awal musim dingin. Bahkan di beberapa negara tropis, musim hujan bisa berlangsung bisa sepanjang tahun.

Musim hujan membawa banyak manfaat bagi lingkungan. Hujan membantu mempertahankan keseimbangan air di tanah, menyediakan air untuk tanaman dan mengurangi kelelahan panas. Hujan juga membantu mengurangi polusi udara karena mencuci partikel debu dan polutan yang terbang di udara.

Meski membawa banyak manfaat untuk lingkungan, tapi rasanya tidak untuk Kesehatan Tubuh karena disaat musim hujan pertumbuhan virus dan bakteri sangatlah tinggi dan imunitas tubuh juga menurun sehingga Tubuh Kita gampang sekali diserang penyakit seperti Demam, Diare, Flu Hingga penyakit Demam Berdarah yang diakibatkan Perkembangbiakan Nyamuk Aedes Aegypti yang sangat tinggi di musim hujan.

Ada beberapa penyebab mengapa disaat memasuki musim hujan imunitas tubuh kita menurun sehingga kita dapat dengan mudah diserang penyakit. Hal ini dikarenakan kelembaban udara yang tinggi membuat kuman dapat menyebar dengan cepat di udara, faktor tersebutlah yang membuat Virus Influenza menjadi sangat mudah berkembang biak. Selain itu kurangnya paparan matahari membuat produksi vitamin D dalam tubuh menjadi sangat menurun sehingga pembentukan imunitas dalam tubuh juga terganggu.

Bagi Kamu yang Ingin Stay Fit di musim hujan seperti yang terjadi sekarang ini. Kami akan Memberikan Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan.

Baca juga: 8 Manfaat Mendengarkan Musik yang Tidak Banyak Orang Tahu

Konsumsi Makanan Penguat Imunitas

Jika Masalah utama Kesehatan yang sering terjadi pada musim hujan adalah penurunan imunitas tubuh maka secara logika untuk menangani nya maka kita Harus memperkuat imun tubuh kita. Banyak cara untuk memperkuat imun tubuh disaat musim hujan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan Protein Dan Zinc, Kamu juga bisa banget mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, C, D,E. Terakhir anda bisa menjaga imunitas tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin yang akan saya jelaskan lebih di list selanjutnya.

Olahraga Secara Rutin

Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal yang bagi banyak orang sering hanya menjadi wacana saja tapi males banget melakukannya. Tapi jika kamu ingin tetap sehat di musim hujan kamu harus memberikan waktu 30-50 menit setiap harinya dan melakukan 3-5 sesi olahraga setiap minggunya.

Kamu tidak harus berolahraga di luar rumah yang mungkin akan lebih memakan waktu, tapi kamu bisa melakukan olahraga dalam didalam rumah seperti melakukan senam dan yoga sambil menonton video tutorial olahraga tersebut. Jika anda mempunyai alat olahraga seperti treadmill dan weight lifting Kamu bisa banget gunakan alat tersebut untuk berolahraga di rumah.

Menjaga Kualitas Tidur 

Tips menjaga kesehatan di musim hujan yang satu ini sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal dengan tidur dengan nyenyak dapat membuat tubuh Kamu tidak gampang terserang penyakit.

Menurut jurnal penelitian yang berjudul Journal Of The National Sleep Foundation menyatakan bahwa tidur yang memiliki kualitas baik dikategorikan dalam usia seorang seperti ini.

  1. Anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam
  2. Anak usia 6-13 tahun selama 9-11 jam
  3. Anak usia 14-17 tahun selama 8-10 jam
  4. Dewasa 18-64 tahun selama 7-9 jam
  5. Usia lansia di atas 65 tahun dalam 7-8 jam/hari

Jadi usahakan selalu untuk mendapatkan waktu tidur yang memang sesuai kondisi tubuh pada usia Kamu, jika kamu dapat menjaganya dengan baik maka dijamin tubuh kamu akan jauh kebal akan datangnya penyakit apapun.

Menjaga Tubuh Untuk Tetap Hangat

Menjaga suhu tubuh yang tetap stabil adalah kunci utama agar tubuh dapat bertahan dalam keadaan hujan yang lebih dingin dari biasanya. Dalam musim hujan seperti ini selalu menggunakan pakaian yang hangat dan juga lebih besar dari tubuh hal ini berguna untuk menahan dingin nya suhu ketika musim hujan. Hindari paparan angin juga harus dilakukan, terkadang aktivitas kita menuntut kita untuk sering berada di ruang terbuka, untuk meminimalisir kemungkinan tubuh masuk angin ketika musim hujan kita wajib memakai baju yang berbahan baku cukup tebal.

Selalu persiapkan payung kamu ketika beraktivitas di luar ruangan dan pastikan kamu sering meminum minuman hangat agar suhu tubuh kamu tetap stabil ketika musim hujan sekalipun.

Melakukan Vaksinasi Secara Berkala

Vaksinasi sering sekali mendapat stigma yang kurang baik dari masyarakat karena kandungan vaksin tersebut tidak dimengerti masyarakat. Tapi faktanya salah satu dokter ternama indonesia dr. Kristanti diliasari pemberian vaksin Influenza sangat dibutuhkan untuk menjadi langkah preventif untuk mencegah penyakit Influenza.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Human Vaccines & Immunotherapeutics menunjukkan bahwa vaksin flu sangat efektif dalam mengurangi resiko penyakit flu dan secara luas dapat mengurangi kemungkinan penyakit flu yang dialami seseorang menjadi parah.

Tidak hanya anak kecil saja lho yang wajib melakukan vaksin orang dewasa yang memiliki recovery penyembuhan yang lebih lambat wajib juga untuk melakukan vaksin secara rutin. Tapi pastikan untuk konsultasi dengan dokter terkait jika Kamu mempunyai penyakit bawaan sebelum melakukan vaksin, hal ini dilakukan agar kamu tetap aman ketika melakukan vaksinasi.

Demikianlah rangkaian tips menjaga kesehatan dimusim hujan, Secara keseluruhan musim hujan memiliki banyak tantangan terlebih untuk mencegah tubuh untuk terserang penyakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memahami dampak positif dan negatif dari musim hujan.   

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!