keutamaan sedekah di hari jumat

Share This Post

Sedekah adalah sebuah ungkapan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara memberi sesuatu, baik berupa uang ataupun barang, kepada orang lain yang membutuhkan.

Bagi umat Islam, sedekah merupakan sebuah amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT. Barangsiapa yang suka menyisihkan hartanya untuk bersedekah, maka niscaya Allah SWT akan selalu memberikan hal yang terbaik bagi orang-orang tersebut. Setidaknya hal ini telah dituangkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 271, yang bunyi artinya sebagai berikut.

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (Q.S Al-Baqarah: 271).

Dari penggalan ayat tersebut, kita dapat memahami bahwa sedekah dapat dilakukan kapanpun dan dengan cara apapun.

Meskipun begitu, ada hari baik yang dianjurkan kepada seluruh umat Muslim untuk bersedekah pada hari itu, yaitu pada hari Jumat.

Dilansir melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI), terdapat hadist yang meriwayatkan tentang keutamaan dan keberkahan hari Jumat untuk bersedekah. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, yang memiliki arti:

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan,’.” (Imam Asy Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Hari Jumat memang merupakan hari raya umat Muslim di setiap pekan. Rasulullah SAW sendiri meminta kepada umatnya untuk memperbanyak amalan di hari jumat, tidak terkecuali dalam memberikan sedekah.

Hadits lain yang menyebut tentang keutamaan sedekah di hari Jumat adalah dari Abu Hurairah RA, yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda dengan arti sebagai berikut.

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: 5 Amalan Sunnah di Hari Jumat Supaya Makin Berkah

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Setelah mengetahui anjuran sedekah di hari Jumat dari hadist dan surat di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bersedekah di hari Jumat memiliki banyak manfaat dan keutamaan dibandingkan hari-hari lain. Berikut kami sampaikan keutamaan sedekah di hari Jumat.

1.   Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan yang pertama adalah dapat membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Orang yang selalu memasrahkan segala aktivitas kehidupannya untuk kepentingan akhirat, dan memanfaatkan harta yang dia punya untuk berbuat kebaikan adalah cara bersedekah paling sederhana.

Orang-orang yang senantiasa melakukan hal-hal tersebut dalam hidupnya, niscaya permintaan dan doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dan sebaliknya, barangsiapa yang kurang bersedekah akan disulitkan jalannya oleh Allah SWT dalam usahanya menggapai sesuatu yang diinginkan.

2.   Mencatat Amalan Sholeh

Allah SWT sangat menyukai hambanya yang gemar bersedekah. Kemudian, hari Jumat adalah hari yang paling istimewa bagi umat Muslim dibandingkan hari-hari lainnya. Oleh sebab itu sedekah di hari Jumat masuk ke dalam kategori amalan sholeh karena dapat membuat seseorang memperoleh keberkahan pahala yang melimpah.

3.   Pahalanya Sama dengan Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi umat Muslim. Barangsiapa yang memperbanyak pahala di bulan tersebut, niscaya akan mendapatkan pahala yang berlimpah dibanding bulan-bulan lainnya.

Hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang memperbanyak pahala di hari Jumat, karena memiliki syafaat yang hampir sama dengan bulan Ramadhan. Sehingga orang-orang yang beribadah, termasuk sedekah di hari Jumat akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda seperti halnya di bulan Ramadhan.

4.   Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Dalam mempersiapkan bertemu dengan hari akhir atau hari kiamat, seluruh umat muslim diwajibkan untuk memperbanyak amalan dengan cara melakukan perbuatan-perbuatan baik selama di dunia. Salah satu bentuk amalan tersebut adalah bisa dilakukan dengan cara memperbanyak sedekah.

Salah satu keutamaan sedekah di hari Jumat adalah seseorang bisa mendapat syafaat saat di hari kiamat nanti. Amalan dari seseorang yang memberi sedekah dapat menjadi sebuah pertolongan baginya apabila dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT.

5.   Dapat Pahala yang Berlipat Ganda

Seperti yang telah disebutkan di atas tentang hadist yang diriwayatkan oleh Imam Syafii dalam kitab Al-Umm, sedekah di hari Jumat dapat membuat seseorang mendapat pahala yang berlipat ganda.

Keistimewaan hari Jumat yang berbeda dengan hari-hari lainnya membuat siapapun Muslim yang memperbanyak pahala di hari itu, akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

6.   Menjalankan Sunnah Nabi Muhammad SAW

Sedekah di hari Jumat juga merupakan salah satu sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist yang telah disebutkan di atas, Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan kepada umatnya untuk bersedekah di hari Jumat dan memberbanyak ibadah shalat.

Oleh sebab itu, bersedekah di hari Jumat merupakan salah satu amalan baik yang memiliki keutamaan tersendiri daripada melakukannya di hari-hari lain.

7.   Mendapat Karunia

Keutamaan sedekah di hari Jumat yang terakhir adalah seseorang akan mendapatkan karunia yang melimpah dari Allah SWT.

Bentuk karunia Allah SWT kepada hambanya yang bersedekah atau beribadah di hari Jumat adalah dengan memberikan pahala yang berlipat ganda.

Baca juga: Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya yang Bisa Menambah Pahala Kita

Itu dia 7 keutamaan sedekah di hari Jumat yang dapat kamu terapkan agar mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Lakukanlah sedekah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun yang semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Meskipun begitu, tulisan ini jangan dijadikan patokan untuk kamu bersedekah hanya di hari Jumat saja. Bersedekahlah di hari-hari lainnya atau bahkan setiap hari agar mendapat pahala yang lebih banyak dan supaya dapat menjadi orang-orang yang dikehendaki Allah SWT mendapat kelimpahan karunia-Nya.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!