tips traveling supaya menyenangkan

Share This Post

Teruntuk kamu yang ingin pergi berlibur, hendaknya perhatikan tips traveling berikut ini supaya liburanmu menjadi nyaman dan menyenangkan. Keperluan berlibur bagi sebagian orang adalah hal yang wajib dilakukan untuk merehatkan pikiran sejenak dari kegiatan sehari-hari. Dengan berlibur, pikiran akan menjadi terasa lebih tenang dan saat kembali ke aktivitas sehari-hari pun, perasaan menjadi lebih menyenangkan daripada sebelumnya.

Kenyamanan merupakan hal yang paling penting dalam keberlangsungan liburan. Jika kenyamanan tidak bisa didapat, momen liburan tentu dapat berubah menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Apabila hal itu terjadi, maka liburan tidak lagi menjadi momen yang dapat merehatkan pikiran, tapi justru menambah beban pikiran. Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka perhatikan 9 tips traveling berikut ini supaya liburan terasa nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: 7 Peralatan Traveling yang Wajib Kamu Bawa saat Pergi Liburan ke Tempat Outdoor

1. Susun Rencana Liburan Secara Matang

Tips traveling yang pertama adalah susun rencana liburan secara matang. Hal ini mulai dari penentuan tanggal dan tempat, estimasi waktu, hingga transportasi yang digunakan untuk menuju tempat liburan. Sebaiknya penyusunan rencana dilakukan sejak jauh-jauh hari supaya menghasilkan rencana yang matang. Selain itu, penyusunan rencana liburan sejauh-jauh hari juga berguna supaya tidak kehabisan tiket jika menggunakan transportasi umum.

2. Tentukan Budget Pengeluaran

Supaya budget liburanmu tidak membengkak, ada baiknya kamu lakukan tips traveling yang satu ini, yaitu tentukan dulu budget pengeluaran selama pergi berlibur. Hal ini berguna untuk mengatur keuangan kamu saat liburan, mulai dari sebelum hingga sesudahnya. Sehingga kamu dapat dengan bijak dalam menggunakan uang ketika pergi berlibur.

3. Pelajari Destinasi Liburan secara Menyeluruh

Mempelajari destinasi tempat liburan wajib hukumnya agar tidak merasa asing saat tiba di tempat tersebut. Tips traveling yang satu ini sangat berguna untuk merencanakan hal-hal yang ingin dilakukan di tempat yang ingin dikunjungi.

Misalnya kamu ingin berlibur ke Taman Safari, maka kamu dapat mempelajari fitur-fitur apa saja yang dapat dinikmati di Taman Safari agar rencanamu tersusun dengan rapi sesampainya di sana.

4. Berangkat Pagi untuk Menghindari Macet di Jalan

Teruntuk kamu yang jengkel dengan kemacetan, maka lebih baik kamu berangkat pagi untuk menghindarinya. Ini tips traveling yang cukup ampuh untuk menghemat waktu liburanmu. Dengan begitu, kamu akan menghabiskan waktu liburan dengan sangat efisien.

5. Rencanakan Jumlah Pakaian yang Dibawa

Pastikan kamu juga telah merencanakan jumlah pakaian yang ingin dibawa saat berlibur, supaya kamu dapat menentukan outfit yang hendak dipakai. Tips traveling yang satu ini penting untuk kamu cermati guna terhindar dari kekurangan pakaian saat kebasahan atau terkena noda yang membuat pakaian kamu menjadi tidak layak pakai.

6. Jangan Lupa Bawa Adapter Charger

Adapter charger penting untuk keperluan di jalan saat baterai perangkat, seperti handphone, kamera, dan barang elektronik lainnya habis. Adapter charger berfungsi untuk mengisi daya baterai sekaligus banyak untuk beberapa perangkat, tergantung ketersediaan port di adapter charger itu sendiri. Ada yang didesain dengan 2 port, 3 port, bahkan ada yang hingga 4 port.

Tips traveling yang satu ini dapat kamu lakukan apabila sedang berhenti di tempat peristirahatan atau tempat peribadatan yang menyediakan stop kontak.

7. Pastikan Kuota Internet dan Pulsa Telepon Cukup

Pastikan kuota internet kamu cukup saat pergi liburan agar memudahkan kamu dalam keadaan sulit seperti mencari lokasi yang ingin dikunjungi, melihat prediksi cuaca, dan keperluan-keperluan lainnya yang membutuhkan sinyal internet.

Selain itu, kamu wajib memastikan kecukupan pulsa telepon. Tips traveling ini berguna apabila kamu melewati jalan yang minim sinyal dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kamu dapat menghubungi kerabat kamu untuk meminta pertolongan.

8. Siapkan Obat-Obatan

Kamu berencana pergi berlibur bersama anak-anak? Tips traveling satu ini wajib kamu lakukan untuk mengantisipasi sakit yang dialami si anak. Obat-obatan seperti obat flu, batuk, paracetamol, dan obat mabuk perjalanan adalah deretan obat yang perlu kamu siapkan.

Selain obat untuk anak, obat-obatan untukmu pribadi juga jangan sampai ketinggalan. Hal ini penting supaya kamu tidak merasa tersiksa ketika tiba-tiba penyakitmu kambuh.

9. Bawalah Fotokopi Berkas-Berkas Penting

Fotokopi berkas-berkas penting seperti KTP, SIM, dan Paspor sebaiknya selalu disiapkan di dalam dompet atau di tempat-tempat khusus. Tips traveling ini berguna apabila kamu sewaktu-waktu diminta identitas diri oleh aparatur pemerintah yang bertugas di tempat-tempat perjalanan seperti terminal, bandara, dan stasiun.

Itulah tips traveling untuk kamu supaya liburan menjadi nyaman dan menyenangkan. Pastikan semuanya telah tercatat agar momen liburanmu tidak menjadi berantakan akibat tidak direncanakan dengan baik. Yang tadinya ingin merehatkan pikiran, justru malah menambah beban pikiran karena buruknya perencanaan yang disusun. Oleh karena itu, catat baik-baik tips traveling di atas ya!

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!