apa itu childfree

Share This Post

Apa itu Childfree? Istilah yang beberapa waktu lalu sempat ramai dibahas di linimasa media sosial menyusul ucapan salah satu influencer ternama, Gita Savitri atau Gitasav yang menyebut hal tersebut bisa bikin awet muda.

Ucapan itu disampaikan Gitasav saat membalas komentar salah satu warganet yang memuji wajah awet mudanya.

“Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox,” tulis Gita lewat kolom balasan komentar di akun Instagramnya.

Ucapan tersebut secara umum dapat diartikan bahwa Gitasav menyampaikan jika tidak memiliki anak dapat membuat wajah jadi awet muda. Hal ini karena menurutnya seseorang yang tidak mempunyai anak cenderung memiliki kualitas tidur lebih baik, karena dapat tidur normal selama 8 jam setiap hari tanpa harus terganggu oleh tangisan anak di setiap malamnya.

Buntut dari ucapannya itu, Gita mendadak jadi sorotan dan menjadi bahan perbincangan hangat warganet di media sosial.

Lantas, apa sih arti sebenarnya dari childfree itu sendiri? Kami akan membahasnya lebih lanjut di bawah ini. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyimaknya sampai habis ya! 

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Valentine yang Cocok Kamu Tonton Bareng Ayang

Apa Itu Childfree?

Dikutip melalui Detik Health, childfree adalah sebuah istilah yang mengacu pada keadaan seseorang yang tidak memiliki anak, baik secara biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini juga dapat digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang memilih untuk tidak memiliki anak ataupun mereka yang tidak bisa memiliki anak.

Apakah Ada Kaitannya antara Childfree dengan Bisa Bikin Awet Muda?

Masih dari Detik Health, menurut Dokter spesialis kulit dari DNI Skin Center Dr dr Darma, SpKK (K), FINSDV, FAADV, tidak ada hubunganya antara memiliki anak atau tidak memiliki,  dengan bisa bikin awet muda.

Meskipun begitu, ia menyebut bahwa ada satu hal yang sebenarnya memiliki kaitan, yaitu timbulnya rasa stres.

Pikiran yang berat dapat memicu hormon negatif pada tubuh. Efeknya, selain bisa menyerang kekebalan tubuh, juga bisa berpengaruh pada respons hormonal ke antioksidan. Adapun antioksidan menurut pengertiannya adalah senyawa yang berfungsi untuk memerangi efek negatif radikal bebas.

Sehingga, ketika tubuh kekurangan antioksidan, permasalahan kulit seperti keriput, jerawat, dan lainnya akan otomatis muncul. Di sini lah kaitan antara childfree, yang menurut influencer Gitasav mempengaruhi stres, dengan bisa bikin awet muda yang dijelaskan langsung oleh dr Darma.

Akan tetapi, ia mengatakan bahwa pemicu stres setiap orang berbeda-beda. Jadi, keputusan memilih childfree tidak serta merta berpengaruh terhadap bisa bikin orang jadi awet muda, karena pada dasarnya hal yang memicu stres seseorang tidak melulu soal anak.        

Alih-alih mempermasalahkan mengenai keterkaitan antara childfree dengan bisa bikin awet muda, lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin E untuk menjaga kulit awet muda. Sebagaimana yang disampaikan oleh dr Darma.

Alasan Mengapa Orang Memilih Childfree

Seperti kata banyak orang, hidup adalah pilihan. Begitu juga perihal mempunyai seorang anak, setiap orang memiliki hak untuk memilih apakah mereka (pasangan suami istri) ingin memiliki anak atau tidak.

Namun, bagi beberapa orang yang sangat mendambakan kehadiran anak, pilihan untuk tidak memiliki anak adalah sebuah hal yang “membagongkan”. Banyak pendapat yang muncul mengenai hal ini yang tentunya tidak bisa disebutkan dalam artikel ini karena sangat beragam.

Ada yang menyebut anak bisa menjadi perawat mereka di masa tua, hingga ada yang berpendapat bahwa mempunyai anak adalah salah satu bagian dari ibadah.

Lalu, sebenarnya apa yang melatarbelakangi orang-orang yang memilih untuk tidak memiliki anak atau childfree, di tengah banyak orang yang sangat menginginkan kehadiran sang buah hati?

1.   Pergaulan

Menurut psikolog dari Pro Help Center, Nuzulia Rahma Tristinarum yang dikutip dari Detik Health, salah satu faktor atau alasan pasangan suami istri memilih childfree adalah pergaulan. Menurutnya, pergaulan bisa dengan mudahnya mempengaruhi cara berpikir seseorang. Pergaulan juga bisa membentuk prinsip hidup yang tadinya tidak pernah terpikirkan oleh seseorang.

2.   Trauma

Selain itu, masih dari sumber yang sama, Rahma menyebut faktor lainnya yakni adanya pengalaman traumatis yang menjadi penyebab seseorang memilih childfree. Memori masa lalu seseorang tentang perlakuan buruk orang tua kepada dirinya, dapat menjadi pemicu orang tersebut memilih untuk tidak memiliki anak.

Di beberapa kasus bahkan seseorang disarankan untuk childfree jika mengalami gangguan medis atau dalam kondisi psikis tertentu Contohnya depresi hebat hingga berpengaruh terhadap kondisi anak dan ibu.

3.   Masalah Finansial

Sementara itu menurut salah satu artikel yang dimuat di Ayovaksindinkesdi, salah satu faktor atau alasan yang membuat sepasang suami istri memilih childfree adalah masalah keuangan atau finansial.

Banyak orang menilai bahwa mempunyai anak pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membesarkan hingga menyekolahkannya. Hal ini lah yang dapat menjadi landasan seseorang memilih untuk tidak memiliki anak.

4.   Ingin Hidup Berdua dengan Pasangan

Alasan lain yang juga sering ditemui mengapa seseorang memilih childfree adalah karena mereka, yang memilih childfree, ingin hidup berdua dengan pasangannya. Beberapa di antaranya merasa khawatir akan kehilangan banyak waktu dengan pasangannya jika harus mengurus anak.

Pasangan seperti ini biasanya berusaha untuk menjaga keintiman dan cenderung hanya berfokus pada hubungan percintaannya saja. Sehingga menurut mereka tidak memiliki anak bisa membuat pernikahan jauh lebih bahagia.

Itulah dia sedikit penjelasan tentang apa itu childfree, kaitannya dengan bisa bikin awet muda, dan beberapa alasan yang membuat pasangan memilih untuk childfree. Semoga bermanfaat!

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!