asuransi pengiriman barang

Share This Post

Aktivitas pengiriman barang pastinya tak lepas dari namanya resiko kerusakan, kehilangan dn hal tak terduga lainnya. Hadirnya sebuah Asuransi Pengiriman Barang menjadi angin segar kepada setiap orang yang akan melakukan pengiriman barang berharga mereka. Pasalnya, asuransi barang tersebut dapat mengcover keamanan barang atas kejadian yang tidak diinginkan selama proses pengiriman barang. 

Maka, jangan heran Asuransi pengiriman barang kini seakan menjadi layanan ataupun fitur yang rasanya wajib ada dalam jasa pengiriman barang, jika ingin pelanggan percaya dengan mereka. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis asuransi pengiriman barang? berapa biaya asuransi pengiriman barang tersebut? Serta apa sih fungsi dan manfaat asuransi pengiriman barang? Semua pertanyaan tersebut akan kami jawab dibawah ini, Jadi tetap baca hingga akhir ya!

Baca juga: Pahami 23 Alasan Pengiriman Paket Gagal Dikirimkan!

Fungsi dan Manfaat Asuransi Pengiriman Barang

Dalam sebuah proses pengiriman barang tidak ada satupun orang yang dapat menjamin jika barang tersebut akan selalu selamat. Human Error, Bencana Alam, dan kecelakaan adalah contoh faktor penyebab kerusakan barang bisa terjadi. Nah, untuk memberikan rasa aman kepada para pelanggan mereka, pihak jasa ekspedisi biasanya akan memberikan Asuransi barang yang memiliki fungsi untuk menjadi jaminan bahwa barang akan datang dengan selamat hingga tujuan.

Jaminan tersebut berupa klaim penggantian jika barang mengalami kerusakan. Klaim penggantian disini dapat berbentuk uang maupun unit barang yang terkait. Namun, biasanya Asuransi pengiriman bersifat opsional, jadi pada dasarnya pihak jasa ekspedisi tidak akan memaksa pelanggan untuk menggunakan layanan asuransi, akan tetapi untuk barang dengan jenis elektronik dan barang-pecah belah, biasanya mereka akan mewajibkan untuk mengambil asuransi barang.

Kategori Asuransi Pengiriman Barang

Perlu kamu ketahui bahwa asuransi pengiriman barang dibagi menjadi 2 Model ataupun kategori. Berikut kami bagikan kategori Asuransi pengiriman barang.

Perjanjian Partai Besar 

Pengiriman barang dalam partai besar perjanjiannya dilakukan oleh produsen ataupun perusahaan ekspor/impor dengan perusahaan penyedia asuransi.

Perjanjian Personal

Perjanjian ini dilakukan antara pelanggan yang bersifat personal dengan jasa ekspedisi terkait, asuransi model ini biasanya digunakan untuk mengcover jenis barang elektronik dan barang dagangan.

Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Pengelompokan jenis asuransi biasanya dibagi akan jenis armada dan lajur pengiriman. Terdapat 3 jenis asuransi pengiriman barang yaitu darat, laut, dan udara.

1. Asuransi Pengiriman Laut (Marine Cargo)

Asuransi pengiriman laut akan memberikan segala jaminan terhadap kerusakan ataupun kehilangan barang yang diakibatkan bahaya laut selam pengiriman. Salah satu contoh kondisi yang ditanggung oleh asuransi jenis adalah kebakaran kapal, ledakan kapal, kapal tenggelam ataupun pembuangan beban barang kapal di situasi darurat.

Nah, ada beberapa jenis jaminan asuransi laut yang bisa digunakan Seperti

  • ACC-C atau Kalausa C: asuransi laut ini mengcover barang atas kejadian seperti ledakan, kebakaran, kapal kandas, kapal terbalik atau tenggelam, kesalahan pengangkutan pada saat bongkar muat, kecelakaan lainnya selama bongkar muat berlangsung.
  • ACC-B atau Klausa B: asuransi laut ini akan menjamin barang atas kejadian seperti gempa bumi, petir, letusan gunung api, masuknya air kedalam peti kemas, koli barang hilang saat bongkar muat.
  • ACC-A atau Klausa A: asuransi ini menjamin semua resiko pengiriman laut, termasuk resiko yang termasuk dalam klausa C dan B.
  • Totally Loss Only (TLO): ini adalah jenis jaminan yang menanggung kerusakan barang secara penuh ataupun mengalami kehilangan yang diakibatkan alat angkut.

2. Asuransi pengiriman Darat

Jaminan asuransi pengiriman darat akan mengganti segala kerugian apabila terjadi kerusakan  atau kehilangan barang selama pengiriman melalui jalur darat. Adapun jenis jaminannya sebagai berikut.

  • Land Transit Cover A yang setara dengan ICC-C
  • Land Transit Cover B yang Setara dengan ICC-A

3. Asuransi Pengiriman Udara

Asuransi pengiriman udara adalah sebuah jaminan yang akan mengganti kerugian apabila terjadi kerusakan barang selama pengiriman via udara.

Daftar Perusahaan Penyedia Asuransi Pengiriman Barang

Kini telah banyak perusahaan Asuransi yang secara spesifik memberikan perlindungan terhadap barang yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi. Berikut kami berikan daftar perusahaan penyedia asuransi ternama di Indonesia.

Tokio Marine

Tokio Marine adalah perusahaan penyedia layanan asuransi pada barang dengan nilai yang besar. Contohnya muatan Cargo dan juga ekspor dan impor. Nasabah mereka biasanya penyedia jasa ekspedisi cargo dan pedagang yang terlibat perdagangan internasional.

Sinar Mas

Perusahaan ini dikenal karena komitmennya dalam memberikan layanan yang berkualitas kepada nasabahnya. Mereka memiliki jaringan distribusi yang luas, termasuk agen-agen asuransi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan dukungan teknologi dan inovasi, Asuransi Sinar Mas berusaha untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan solusi perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan individu dan bisnis.

Aswata

Aswata adalah perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan berbagai jenis produk asuransi, termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, dan lain-lain. Aswata berusaha untuk memberikan perlindungan finansial bagi individu dan bisnis di Indonesia melalui layanan asuransi yang mereka tawarkan.

Asuransi ACA

Asuransi ACA adalah perusahaan asuransi umum di Indonesia. Perusahaan ini fokus pada penyediaan berbagai jenis asuransi umum, seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, asuransi kesehatan, dan produk-produk asuransi lainnya. Asuransi ACA bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial bagi nasabahnya dalam menghadapi risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan COD Yang Wajib Dihindari!

Kirim Cargo Dijamin Asuransi? Ya cuma di Klik Logistics!

Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dengan skala cargo dengan tarif termurah dan tentunya dijamin Asuransi yang bekerja sama dengan Tokio Marine, maka Klik Logistik adalah jasa ekspedisi terbaik buat Anda. Klik Logistics dapat mengirimkan barang ke seluruh Indonesia via kargo darat, laut, dan Udara. Selain itu, Klik Logistics juga melayani jasa pengiriman Motor, Mobil dan Pindahan Rumah dengan tarif yang terjangkau. Bila Anda tertarik menggunakan jasa ekspedisi tersebut, silahkan Kunjungi laman ini.   

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!