cara memulai bisnis logistik

Share This Post

Disaat kebutuhan pengiriman barang di Indonesia yang semakin tinggi, menjadikan bisnis logistik atau ekspedisi sebagai peluang besar yang menguntungkan yang harus dimanfaatkan dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bisnis logistik adalah sebuah bisnis yang mengelola perpindahan barang dari lokasi asal ke tujuan, untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis dan konsumen.

Industri logistik  menjadi sektor yang kini sedang mengalami pertumbuhan, karena tidak lepas dari gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga pesanan dan pembelian barang secara online meningkat dan industri logistik berperan penting dalam proses pengantarannya. Untuk membahas lebih lanjut, maka dari itu simak penjelasan mengenai apa itu bisnis logistik serta cara memulai bisnis logistik untuk bisa dipahami dan diterapkan.

Baca Juga: 7 Franchise Ekspedisi Terbaik dan Cara Daftarnya

Apa Itu Bisnis Logistik

Bisnis logistik adalah sebuah kegiatan yang mementingkan manajemen pergerakan barang dari lokasi awal ke tempat tujuan. Proses bisnis logistik dilakukan dengan harapan agar dapat memenuhi keinginan pelanggan dan menjaga kelancaran pasokan produk secara efisien.

Hal ini juga melibatkan berbagai kegiatan bisnis logistik, seperti transportasi, pengepakan, penyimpanan, pengawasan, distribusi, hingga penyelarasan pada berbagai proses. Kegiatan tersebut untuk memastikan apakah barang sampai dengan tepat waktu pada pihak konsumen dengan kondisi yang optimal.

Cara Memulai Bisnis Logistik

Untuk memulai sebuah bisnis, berikut akan kami jelaskan cara membuka bisnis logistik dengan baik.

1. Menentukan Jangkauan Usaha Logistik 

Pada industri logistik, tentunya akan melibatkan aktivitas pengiriman barang dengan jangkauan yang beraneka ragam dari sejumlah lokasi dan wilayah. Namun, terkadang tidak semua pelaku bisnis pada sektor ini mempunyai kapasitas dalam mengirimkan paket ke beberapa lokasi. Maka dari itu, pada tahap awal sangat penting untuk Anda melakukan penetapan batasan jangkauan pengiriman.

Pengiriman dalam satu kota pastinya adalah daerah terdekat yang dapat dijangkau, diikuti dengan pengiriman antar kota pada satu provinsi. Jika sumber daya dari perusahaan logistik Anda telah memadai, maka Anda bisa saja memperluas jangkauan pengiriman hingga ke antar provinsi yang masih berlokasi di satu pulau yang sama.

2. Mengetahui Bentuk Usaha yang Dimiliki

Untuk dapat memulai sebuah bisnis logistik yaitu dengan menentukan bentuk dari sebuah perusahaan jasa pengiriman barang yang akan dijalankan. Beberapa jenis bisnis logistik pastinya akan memiliki sejumlah kebutuhan yang berbeda.

3. Membuat Rencana Kegiatan 

Salah satu cara tambahan yang bisa dicoba untuk dapat memulai sebuah bisnis logistik adalah dengan mengembangkan suatu rencana bisnis atau biasa dikenal dengan Standar Prosedur Operasional (SOP). Rencana bisnis bertujuan untuk mengatur penugasan tertentu pada beberapa tugas dan untuk menetapkan tujuan pengiriman yang mendetail pada setiap barang kiriman yang diterima.

Apabila bisnis logistik milik Anda mempunyai jadwal operasi yang tidak dilakukan setiap hari, akan sangat penting jika perusahaan melakukan pembuatan atau penyusunan jadwal pengiriman untuk hari-hari tertentu. Hal ini untuk memudahkan penetapan target harian atau mingguan yang wajib dicapai. Tidak hanya itu, Anda juga harus menentukan siapa pegawai perusahaan yang dijadikan sebagai penanggung jawab terhadap pengiriman di hari-hari tertentu.

4. Menghitung Usaha Modal yang Ditentukan

Cara membuka bisnis logistik pastinya juga harus menghitung modal usaha yang diperlukan perusahaan. Modal usaha tentunya mencakup sejumlah biaya, diantaranya biaya sewa tempat, biaya perizinan usaha, hingga pengeluaran kendaraan yang harus tercatat dalam catatan keuangan dan dilakukan dengan teliti.

Sangat disarankan untuk memisahkan biaya perlengkapan kantor, baik alat pengukur barang, komputer, dan peralatan lainnya dengan biaya untuk sewa tempat. Anda juga diharuskan untuk mempunyai dana cadangan untuk situasi darurat dalam menghadapi situasi tidak terduga.

5. Mendaftarkan Bisnis Untuk Mendapat Izin Resmi

Daftarkan entitas bisnis ke otoritas yang berwenang, karena untuk menjalankan operasi setiap perusahaan wajib memiliki surat izin resmi atau dikenal dengan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. SIUP berisikan informasi terkait nama perusahaan, nomor identifikasi, dan alamat perusahaan. Dalam mengurusnya, Anda diharuskan untuk memberi data penting seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, hingga salinan dari akta pendirian perusahaan.

6. Beri Pelayanan yang Profesional ke Konsumen

Cara terakhir yaitu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Tujuannya adalah untuk memberikan kepercayaan dan mendapat rekomendasi dari pelanggan. Pelayanan yang terbaik tersebut diantaranya melakukan pengiriman sesuai jadwal, menjaga kualitas barang kiriman, hingga mengutamakan keamanan secara ketat dalam proses pengantaran.

Pastikan untuk selalu memastikan bahwa paket memiliki kondisi yang baik dan tidak mengalami kerusakan selama proses pengiriman. Oleh karena itu, gunakan tempat penyimpanan yang tahan terhadap suhu, cuaca, dan benturan.

Membuka Bisnis Logistik Bersama Klik Logistics

Untuk Anda yang ingin menjadi franchise usaha ekspedisi, maka Anda bisa memulai bisnis bersama Klik Logistics. Anda yang mendirikan bisnis usaha ekspedisi pastinya akan berpeluang besar, sebab transaksi jual-beli online meningkat. Klik Logistics sejak tahun 2015 telah dipercaya sebagai pengiriman terbesar dan banyak dengan ongkir termurah. Untuk melakukan pendaftaran franchise Klik Logsitics silahkan klik Link ini.

Baca Juga: Inilah 10 Peluang Bisnis Potensial yang Cocok di Kota Batam!

Beberapa Keuntungan Franchise Klik Logistics

  • Diberikan desain interior dan eksterior.
  • Memperoleh Hak Lisensi Logo & neon box Klik Logistics.
  • Diberikan meja resepsionis
  • Mendapat fasilitas peralatan gudang (timbangan dan hand stacker) 
  • Diberikan Pelatihan dari Klik Logistics
  • Perkiraan net profit franchise: 100-200 jt/bln (BEP -+ 2 thn)

Syarat Administrasi (Khusus)

  • Franchise Fee Sebesar Rp 2,5 Miliar.
  • Lampirkan copy Akta Pendirian Perusahaan yang telah disahkan oleh Kementrian Kehakiman berikut perubahan terakhir (jika ada) sebanyak satu rangkap.
  • Lampirkan copy KTP Direktur/Penanggung Jawab Perusahaan (yang tertera pada akta pendirian perusahaan).
  • Lampirkan copy Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus yang masih berlaku. 
  • Lampirkan copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan / Surat Pengukuhan Kena Pajak (PKP)/ Surat Keterangan Terdaftar Dirjen Pajak.
  • Melampirkan Copy Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang masih berlaku.
  • Menunjukan Rekening Koran 3 Bulan terakhir.

Syarat Lokasi

  • Lokasi kantor harus berada di ibukota Provinsi.
  • Luas bangunan minimal 600-800 m2.
  • Lahan parkir yang luas dan dapat diakses oleh mobil yang lebar.

Syarat Lainnya

  • SOP (Standar Operasional Prosedur) harus mengikuti aturan PT Klik Logistics.
  • Kunjungi website resmi Klik Logistics untuk melakukan pendaftaran franchise atau langsung mengunjungi Kantor Pusat Klik Logistics yang berlokasi di Jl. Raya Kp. Setu No.52, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat atau 300 Meter dari Pintu Tol Kalimalang.

Kliklogistics

#Ongkirnya Murah
Terdengar Sampai Langit!

#OngkirnyaMurahTerdengarSampaiLangit!